Baby Rivona Nasution, Penderita HIV-AIDS Positif Selama 17 tTahun. Richard (LPC)
Baby Rivona Nasution, Penderita HIV-AIDS Positif Selama 17 tTahun. Richard (LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Baby Rivona Nasution, penderita HIV-AIDS positif selama 17 tahun, ia mampu bertahan hidup dengan predikat Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA) dengan mengkomsumsi obat anti retroviral (ARV).

Baby Nasution berbagi cerita kepada ratusan pelajar dalam acara Papuan Youth Festival 2019  yang diselengarakan oleh Inti Muda Papua (IMP) bertajuk  ‘Love Yourselt First’, Kamis (07/11/2019), di Hotel Horizon Kotaraja, Kota Jayapura, Papua, mengatakan ia awalnya pecando narkoba. Namun narkoba menghancurkan hidupnya. Maka ia berhenti memakai narkoba. Dan setelah berhenti dari narkoba. Ia dinyatakan mengidap HIV-AIDS positif.

“Saya saat ini sudah masuk tahun ke-17 hidup dengan HIV. Dan pertama kali saya didiaknosis  HIV positif. Sampai hari ini kondisi saya tidak ada yang berubah sama sekali. Saya tetap sehat, saya tetap bisa berkarya, saya bisa datang ke Papua, saya bisa menikah lagi, saya bisa mempunyai anak yang HIV negatif. Karena saya rutin meminum obat anti retroviral (ARV)”, kata Baby Nasution, bernada bangga.

Sebut Baby, ditenggah-tenggah kondisi dirinya yang berstatus  HIV-AIDS positif, namun ia sangat aktif dalam mengkampanyekan persoalan kesehatan seksual dan reproduksi. Karena ia melihat banyak sekali remaja, lewat perilaku remaja yang tidak mengetahui informasi seksual dan reproduksi akan mengangkibatkan remaja itu terpuruk ke dalam kehidupan yang beresiko terinfeksi penyakit menular termasuk HIV.

“Seksualitas yang tidak aman, dan juga informasi kesehatan reproduksi yang tidak benar, akan beresiko terhadap remaja untuk terinfeksi HIV. Tidak hanya narkoba”, Ujar  Baby Nasution.  (Richard Mayor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here