Pembantu Rektor IV Universitas Cenderawasih, Fredrik Sokoy, S.Sos, Msi. Richard/LPC
Pembantu Rektor IV Universitas Cenderawasih, Fredrik Sokoy, S.Sos, Msi. Richard/LPC

JAYAPURA (LINTASPAPUA) – Keterlibatan Universitas Cenderawasih  dalam kajian Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papau, sontak mendapat tanggapan sinis dari kalangan masyarakat di Papua yang menyebutkan.  Uncen sedang bermain dan terlibat dalam kegiatan politik untuk pemekaran wilayah baru di Papua.

Atas pendapat kalangan masyarakat itu, Pembantu Rektor IV Universitas Cenderawasih, Fredrik Sokoy, S.Sos, Msi kepada LintasPapua.Com, Jumat (08/11/2019) mengatakan Uncen dapat melaksanakan  tugas-tugasnya,  baik tugas  akademik maupun non akademik. Tugas-tugas non akademik pun tetap mengunakan standard-standard akademik.

“tugas-tugas akademik yang diemban uncen adalah pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat”, kata Fredrik Sokoy.

Berkaitan dengan prasangka sinis dari kalangan masyarakat, sebut Sokoy Uncen sebagai institusi wajar-wajar saja dinilai oleh masyarakat karena masyarakat menginginkan Uncen mungkin tidak sama sekali berbuat. Ini yang keliru.  Bahwa masalah apapun yang terjadi baik akademik maupun non akademik Uncen harus berkontribusi.

Dalam berkontribusi itu sesuai dengan tupoksi Uncen, dimana Gubernur Papua meminta kepada Uncen untuk melakukan kajian akademik. Ini sebuah permitaan yang kita bisa defenisikan adalah permintaan masyarakat yang direpesentasikan oleh pemerintah karena berbagai persoalan yang sedang terjadi.

Uncen sebagai institusi tidak mungkin diam.  Kita perlu memberikan pemikiran-pemikiran kritis kepada pemerintah daerah dalam mengambil sikap. Kitalah pihak penyedia data, penyedia rekomendasi. Dan tidak mungkin dikeluarkan oleh lembaga non akademik.

“Uncen sebagai institusi lembaga pendidikan adalah penyedia data, penyedia rekomendasi dalam kajian akademik untuk  DOB di Papua. Dan tidak mungkin rekomendasi DOB itu, keluar dari lembaga non akademik”, Ujar Pembantu Rektor IV Uncen itu.

(Richard Mayor)

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here