Suasana Pembukaan Kegiatan. (Gracio /lintaspapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Sebanyak empat kelompok ikut serta dalam kegiatan pelatihan bagi IKM (Industri Kecil Menengah) diselenggarakan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindgkop) kota Jayapura.

Keempat kelompok tersebut ialah kelompok Moso, Nafri, Jayapura utara (Japut) dan kelompok dari Tobati. Pelaksanaan pelatihan berlangsung selama empat hari di balai diklat Sosial Provinsi Papua.

Kepalad Dinas Perindagkop kota Jayapura, Robert Awi mengatakan kegiatan ini bagi kelompok yang telah mempunyai usaha dan khusus bagi orang asli Papua.

“Untuk kegiatan anyaman noken bagi empat kelompok ini sudah berjalan. Jadi mereka sudah punya usaha dan selama ini mereka sudah melakukan penjualan,” ujarnya usai pembukaan kegiatan, Selasa (5/11/2019)

Sehingga kata Robert, hari ini hanya melakukan peningkatan skil para pengarajin serta tidak menutup kemungkinan akan ada tren baru yang nanti diajarkan oleh para instruktur. “Sehingga secara kualitas mereka tidak tertinggal jauh dari kelompok-kelompok di Daerah lain di Indonesia,” katanya.

Pelatihan ini kata Robert, juga untuk menyiapkan para pengarajin anyaman noken pada pelaksanaan PON 2020 di Papua. “Sehingga noken yang dihasilkan bervariasi, dan berkualitas sehingga menarik para pengunjung yang datang di Papua khusunya kota Jayapura,” tandasnya. (Gracio/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here