Proses pembutan kerajinan dari tempurung kelapa. (Gracio /LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Kota Jayapura Melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop) kota Jayapura bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kota Jayapura melaksanakan pelatihan eneka kerajinan tempurung kelapa program pengembangan industri kecil dan menengah tahun anggaran 2019.

Pelatihan ini melibatkan Institud Seni Budaya Indonesia (ISBI) kota Jayapura, dan dua kelompok masyarakat serta satu dari Skow sae. Pelatihan ini berlangsung di Balai Diklat Sosial Provinsi Papua, Senin, (4/11/2019).

Pelatihan ini melibatkan Institud Seni Budaya Indonesia (ISBI) kota Jayapura, dan dua kelompok masyarakat serta satu dari Skow sae. Pelatihan ini berlangsung di Balai Diklat Sosial Provinsi Papua, Senin, (4/11/2019). (Gracio /LPC)

Ketua Dekranasda kota Jayapura, Kristina Mano, mengatakan pelatihan kerajinan untuk menyiapkan souvenir pada pelaksanaan PON tahun 2020 di Papua.

“Bukan hanya untuk itu, disamping itu kita berharap kelompok-kelompok yang mengikuti pelatihan ini mereka dapat meningkatkan ekonomi masing-masing,”katanya.

Sehingga Ia berharap empat kelompok yang diikutsertakan dapat memanfaatkan kesempatan dengan baik, sehingga dengan pelatihan ini mereka dapat menghasilkan untuk peningkatan ekonomi.

Sementara itu Kepala Dinas Perindagkop kota Jayapura Robert Awi, menjelaskan kelompok yang hari ini dibina merupakan kelompok yang telah mempunyai usaha dan sudah berjalan.

“Jadi tinggal kami tingkatkan kemampuan mereka dalam finishing dan memperbanyak prodak dalam waktu yang singkat sehingga nantinya target sovenir pada tahun 2020 dalam penyelenggaraan PON bisa terealisasi,”katanya.

Dengan adanya salah satu kelompok dari ISBI, pihaknya berharap kedepan bisa bekerja sama sehingga nantinya menjadi motivasi bagi kami dan pengrajin kota Jayapura dalam menigkatkan kualitas maupun kuantitas atas prodak yang kami hasilkan. (Gracio/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here