Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Papua, Mathius Awoitauw, SE, M.Si., saat memberikan arahan pada pembukaan Konsolidasi Caleg Partai NasDem DPR RI, DPRP dan DPRD se-Dapil I Papua, di Grand Allison Hotel, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (9/2/2019) pagi pekan kemarin. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Partai NasDem membuka pendaftaran bakal calon (balon) kepala daerah dan wakil kepala daerah di 11 kabupaten di Papua. Pendaftaran berlangsung pada 02 November 2019. Kemudian, dilanjutkan dengan pemaparan visi, misi dan strategi jitu untuk pemenangan pada kontestasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) di 11 kabupaten di Provinsi Papua.

“Partai (NasDem) ini tidak meminta apapun dari kandidat, apakah itu biaya administrasi atau biaya apapun itu tidak ada sama sekali. Jadi, benar-benar tanpa mahar. Walaupun tanpa mahar, bukan berarti biasa-biasa saja. Tetapi, kita ketat di proses seleksinya,” ujar Ketua DPW Partai NasDem Papua Mathius Awoitauw, SE, M.Si, usai pembukaan pendaftaran balon kepala daerah dan wakil kepala daerah di 11 kabupaten di Papua, yang berlangsung di Suni Garden Lake Hotel and Resort, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/11/2019) siang pekan kemarin.

Proses pendaftaran dan seleksi penjaringan akan berlangsung selama beberapa hari di Suni Garden Lake Hotel and Resort bagi 11 kabupaten yang akan menggelar Pilkada tahun 2020 mendatang.

“Kami menjaring kepala daerah dan wakil kepala daerah ini melibatkan pihak akademisi dari Uncen. Mengapa proses (penjaringan) ini kita libatkan pihak Uncen agar proses ini benar-benar dilakukan secara profesional,” ucapnya.

Selain membuka pendaftaran tanpa mahar serta melibatkan pihak Uncen, NasDem juga telah merekomendasikan delapan (8) lembaga survei independen. NasDem akan menjaring calon yang dinilai berkompeten dan bisa memenangkan Pilkada 2020 nanti.

“Ada delapan (8) lembaga survei yang sudah kita rekomendasikan dalam proses penjaringan ini,” kata Mathius Awoitauw yang juga Bupati Jayapura dua periode.

Untuk itu, dirinya berharap kepada setiap bakal calon (balon) kepala daerah dan wakil kepala daerah agar menggunakan salah satu lembaga survei tersebut, untuk dapat mengukur serta mengetahui itu sudah bisa dijadikan sebagai informasi mengenai prediksi terhadap hasil pemilihan kepala daerah di masing-masing wilayah.

“Jadi, setiap kandidat silahkan menggunakan salah satu dari delapan lembaga survei tersebut yang mereka rasa cocok. Supaya hasil survei dari lembaga survei ini juga akan memberikan informasi kandidat mana yang mempunyai kans atau kesempatan besar untuk bisa memenangkan kontestasi (Pilkada) ini. Oleh karena itu, dengan proses-proses seperti ini hingga melibatkan pihak Uncen dan juga lembaga survei itu untuk mengetahui apa yang diusung oleh partai ini harus menang. Karena partai ini tidak meminta apapun dari kandidat,” paparnya dengan nada tegas.

Pendafataran dilakukan di Suni Garden Lake Hotel and Resort oleh DPW NasDem Papua bersama 11 DPD Partai NasDem se-Provinsi Papua. Penjaringan berlaku untuk semua orang yang ingin mendaftar melalui partai besutan Surya Paloh tersebut. Meski bukan kader Partai NasDem sekalipun, tetap boleh mendaftar.

“Kami menggunakan asas terbuka untuk siapapun boleh mendaftar sebagai kandidat di 11 kabupaten. Jadi, semua mempunyai peluang yang sama. Karena kita mau menang, sehingga kita harus melakukan survei dan semua harus paparan disini. Karena tidak semua orang partai yang menilai, makanya kita melibatkan tim Uncen serta delapan lembaga survei,” katanya.

DPW NasDem papua sendiri akan menjaring minimal tiga kandidat yang akan dikirimkan ke DPP, untuk 11 kabupaten yang melaksanakan Pilkada tahun 2020 mendatang. Pendaftaran atau penjaringan partai NasDem untuk Pilkada di 11 kabupaten di Provinsi Papua itu sendiri, pendaftar tak dikenakan biaya sama sekali.

“Berdasarkan hasil seleksi ini, kita akan usulkan tiga ke pusat setiap kabupaten. Inikan banyak yakni, ada 10 dan sekian kandidat dari setiap kabupaten. Jadi, dari situlah kita akan menentukan tiga kemudian kita usulkan ke DPP agar bisa menentukan satu pasangan,” tukasnya.

Setelah melakukan penjaringan, pihaknya akan melaksanakan fit and properti test atas balon kepala daerah dan wakil kepala daerah itu. NasDem akan memberikan kesempatan terhadap balon kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk memaparkan strategi pemenangannya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here