Usai Dilantik, Pimpinan DPRD Sementara Segera Fasilitasi Pembentukan Fraksi

0
150
Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo. (Irfan /LPC)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Jayapura, Papua, akan segera memimpin rapat-rapat DPRD untuk persiapan pimpinan DPRD definitif serta membuat tata tertib (Tatib) Dewan dan juga memfasilitasi pembentukan fraksi Dewan, kata Ketua Sementara DPRD Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo.

“Kami sebagai pimpinan DPRD sementara yang akan menyiapkan pimpinan DPRD definitif nanti. Untuk tugas awal, paling saya sebagai pimpinan sementara akan menyiapkan rapat-rapat untuk persiapan pimpinan definitif nantinya. Kemudian yang kedua, kami akan membuat tata tertib dewan dan kami juga akan melakukan pembentukan fraksi dewan. Hanya itu saja yang kami kerjakan sebagai pimpinan sementara,” katanya saat ditemui wartawan diruangannya usai Rapat Paripurna Sumpah/Janji Anggota DPRD Kabupaten Jayapura Periode 2019-2024, Selasa (22/10).

Lanjut Klemens Hamo menambahkan, setelah pimpinan Dewan definitif terpilih, nanti pimpinan definitif terpilih yang selanjutnya akan memulai dan melengkapi semua Alat Kelengkapan Dewan (AKD) termasuk komisi-komisi dan badan-badan.

Ketua DPRD Sementara Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo. (Irfan /LPC)

Pada kesempatan itu, Klemens Hamo tak lupa memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada masyarakat kabupaten Jayapura dan para stokeholder yang telah memberikan dukungan hingga pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2019 lalu berjalan dengan baik.

“Kami dilantik berkat partisipasi seluruh masyarakat kabupaten Jayapura, dan saya sebagai pimpinan sementara akan menyiapkan rapat-rapat juga akan menyiapkan dan mengerjakan tata tertib (Tatib) Dewan,” paparnya.

Untuk menentukan waktu pelantikan Ketua Definitif DPRD Kabupaten Jayapura periode 2019-2024, kata Klemens, bahwa dirinya belum bisa pastikan. Sebab, pelantikan baru bisa dilaksanakan setelah surat ke Pemerintah Provinsi Papua diterima dan mendapatkan jawaban.

“Kalau satu atau dua hari turun, satu minggu atau dua minggu baru turun, itu berarti kami sudah siap lakukan pelantikan Ketua Definitif DPRD,” papar dia yang pernah menjabat Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Jayapura masa keanggotaan 2014-2019.

Lebih lanjut, Klemens yang telah ditunjuk menjadi pimpinan DPRD Kabupaten Jayapura berpesan kepada seluruh anggota Dewan yang baru dilantik, agar lebih mengedepankan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi. Supaya sejumlah agenda dan iven penting, baik itu berskala lokal dan Nasional bisa berjalan sukses berkat kerja wakil-wakil rakyat.

“Kita adalah pesuruh rakyat dan harus bisa melayani, dan untuk itu saya bisa membuka diri agar bisa bersinergi dengan kebijakan pemerintah daerah,” tukasnya.

Seuasana Pelantikan 25 Anggota DPRD Kabupaten Jayapura. (Irfann /LPC)

Seperti diwartakan, formasi anggota DPRD Kabupaten Jayapura masa bhakti 2019-2024 berdasarkan hasil perolehan kursi partai politik pada Pemilu 2019 terdiri atas Partai NasDem sebanyak 4 kursi, PKB 3 kursi, Partai Gerindra 3 kursi, PDIP 3 kursi, Golkar 2 kursi, PKPI 2 kursi, Partai Hanura 2 kursi, Partai Berkarya 2 kursi, Partai Persatuan Indonesia 1 kursi, PPP 1 kursi, PAN 1 kursi dan Partai Demokrat 1 kursi.

Ke-25 anggota DPRD Kabupaten Jayapura masa keanggotaan 2019-2024 diambil sumpah dan janjinya dalam rapat paripurna yang digelar di Ruang Sidang Gedung DPRD Kabupaten Jayapura pada Selasa (22/10/2019) kemarin siang.

Dalam rapat paripurna tersebut, Sekretaris DPRD Kabupaten Jayapura Abdul Hamid Toffir, S.Sos, M.Ap, mengumumkan pimpinan sementara DPRD Kabupaten Jayapura.

“Sesuai peraturan perundangan dalam hal pimpinan DPRD kabupaten/kota belum terbentuk, DPRD kabupaten/kota dipimpin oleh pimpinan sementara DPRD dan pimpinan sementara DPRD kabupaten/kota terdiri atas satu orang ketua dan satu wakil ketua yang berasal dari dua parpol yang memperoleh kursi terbanyak 1 dan 2,” kata Abdul Hamid.

Berdasarkan ketentuan tersebut, kata dia, Ketua Sementara DPRD Kabupaten Jayapura dijabat oleh Klemens Hamo dari Partai NasDem, sedangkan Wakil Ketua Sementara DPRD Kabupaten Jayapura dijabat Muhammad Amin dari PKB.

Menurut dia, pimpinan sementara DPRD bertugas memimpin rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi penyusunan rancangan peraturan DPRD tentang tata tertib Dewan, dan juga memproses penetapan pimpinan DPRD definitif. (Irf  / LPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here