Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Papua, Mathius Awoitauw, SE, M.Si., saat memberikan arahan pada pembukaan Konsolidasi Caleg Partai NasDem DPR RI, DPRP dan DPRD se-Dapil I Papua, di Grand Allison Hotel, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (9/2/2019) pagi pekan kemarin. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA)  – Teka-teki siapa yang bakal menjabat Ketua DPR Papua dan Ketua DPRD Kabupaten Jayapura dari Partai NasDem akhirnya terjawab sudah.

Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Papua, Mathius Awoitauw, SE, M.Si., saat memberikan arahan pada pembukaan Konsolidasi Caleg Partai NasDem DPR RI, DPRP dan DPRD se-Dapil I Papua, di Grand Allison Hotel, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (9/2/2019) pagi beberapa waktu lalu. (Irfan / LPC)

Jhon R. Banua dan Klemens Hamo akhirnya resmi mendapat restu dari Partai NasDem untuk menduduki kursi Ketua DPR Papua dan Ketua DPRD Kabupaten Jayapura.

Sebagai partai peraih kursi terbanyak di DPR Papua dan DPRD Kabupaten Jayapura, NasDem memiliki kewenangan untuk menunjuk anggotanya untuk menduduki tampuk pimpinan di dua lembagai legislatif tersebut.
“Ya, Partai NasDem telah merekomendasikan Jhon R. Banua dan Klemens Hamo untuk menjabat ketua DPR Papua dan DPRD Kabupaten Jayapura,” cetus Ketua DPW Partai NasDem Papua Mathius Awoitauw, SE, M.Si, kepada awak media di sela-sela perayaan Bulan Kesehatan Gigi Nasional ke-X tingkat Kabupaten Jayapura Tahun 2019, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (19/10/2019) siang pekan kemarin.

Dikatakan, penunjukan seorang anggota DPR Papua dan DPRD Kabupaten Jayapura dari partai NasDem untuk jabatan ketua itu mutlak urusan internal partai.

Sehingga, tidak dibenarkan jika ada pihak-pihak lain yang melakukan intervensi kepada Partai NasDem dalam rangka merekomendasi anggotanya guna menduduki jabatan ketua.

Menurut Mathius, ada berbagai pertimbangan yang digunakan oleh partai peraih kursi terbanyak di DPR Papua dan DPRD Kabupaten Jayapura ini untuk menunjuk anggotanya.

“Caleg peraih suara terbanyak pada Pileg lalu bukan mutlak menduduki posisi ketua, tetapi aspek pengkaderan, loyalitas dan senioritas dalam partai juga perlu mendapat perhatian dalam upaya penunjukan posisi ketua,” tegasnya.

Untuk itu, Mathius berharap kepada masyarakat di Provinsi Papua dan Kabupaten Jayapura dapat menerima kedua figur terbaik yang direkomendasikan Partai NasDem itu, untuk menjadi pimpinan di lembaga penampung dan penyalur aspirasi rakyat tersebut.

Penjelasan Ketua DPW Partai NasDem Papua tentang posisi ketua DPR Papua dan DPRD Kabupaten Jayapura tersebut, telah memberikan titik terang terhadap pertanyaan publik mengenai jabatan ketua DPR Papua dan DPRD Kabupaten Jayapura yang selama ini mencuat. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here