Bupati Mathius Awoitauw Komitmen Untuk Kab. Jayapura  Sukses Sebagai Tuan Rumah PON XX 2020

0
327

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan, Kabupaten Jayapura tidak hanya akan sukses dalam dua hal yaitu prestasi dan penyelenggaraan. Namun yang terpenting adalah sukses sebagai tuan rumah PON XX di Tahun 2020 mendatang.

Stadion Papua Bangkit, di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, siap digunakan untuk pembukaan PON XX 2020. (lintaspapua.com)

Dengan komitemen itu maka Kabupaten Jayapura saat ini tengah membenahi beberapa sektor untuk menunjang kelancaran dan kenyamanan pelaksanaan PON XX mendatang.

Dengan dana yang dikucurkan dari APBD, Pemkab Jayapura bakalan menyulap lahan seluas 4 hekter yang berada di depan bandara sentani untuk dijadikan rung terbuka hijau.

Suasana Sejuk Danau Sentani. (Foto Irma Sokoy)

Sebelumnya, makam tokoh otonomi kusus, Theys Eluay yang berada di pinggiran jalan utama kota sentani juga telah diubah menjadi sebuah taman kota.

“Ini semua dilakukan agar setiap orang yang akan datang ke Papua melalui Sentani dapat melihat suasana yang baik,” ujar Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw.

Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, yang menjadi tuan rumah PON XX 2020 di Provinsi Papua.  Stadion ini nantinya menjadi stadion termegah kedua di Indonesia setelah Gelora Bung Karno. Selanjutnay akan digunakan untuk kepentingan PON XX 2020. (Foto Diambil dari Facebook Yauw Aim tertanggal 8 Januari 2019)

Upaya Pemkab Jayapura untuk memperindah dan mempercantik wajah dari kota sentani tidak terlepas dari wacana Go Adipura yang telah dicanangkan di awal tahun 2019.

Selain itu Pemerintah Kabupaten Jayapura saat ini telah mulai mengerjakan pembangunan jembatan alternatif melalui pinggiran danau Sentani untuk memperlancar arus lalu lintas pada saat pelaksanaan PON nanti.

“Jembatan ini dibangun untuk mengurai kemacetan pada pelaksanaan PON, dan akan sangat berguna sekali pada saat pembukaan dan penutupan PON nanti, dan kita harapkan semua bisa berjlan dengan cepat,”terang Mathius Awoitauw.

Sementara itu di sisi lain dua sarana olahraga, stadion Barnabas Youwe dan Gor Toware juga telah direnovasi untuk mendukung penyelenggaraan PON di Kabupaten Jayapura.

Mathius Awoitauw juga menuturkan, semua pekerjaan itu tengah di tanggani saat ini dan untuk mensukseskan PON sebagai tuan rumah memang membutuhkan kerja keras dari pemerintah dan juga masyarakat.

PON di papua adalah salah satu peluang yang harus di manfaatkan sebaik mungkin untuk dapat mempersembahkan yang terbaik bagi bangsa ini.

“Ini harga diri kita, untuk itu mari kita sama-sama buktikan bahwa kabupaten jayapura bisa menjadi tuan rumah yang baik yang ikut berperan peniting dalam mensukseskan PON nantinya.”pungkasnya. (****)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here