Bambang Suhartawan : Bawa 14 Penari dan Offisial, Tim Diharap Tampil Optimal

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Sebanyak 14 orang yang terdiri dari penari pelajar dan official (seniman/guru) dari Keerom bakal mengikuti kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional Tahun 2019 yang dilaksanakan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan RI. Kegiatan tersebut bakal digelar di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada 13 Oktober 2019, mendatang.

Kadinas Pendidikan dan kebudayaan Kab. Keerom, Drs. Bambang Suhartawan, MMT, atas nama Bupati Keerom, melepas tim dari Kabupaten Keerom sebagai peserta pengisi acara Pekan Kebudayaan Nasional Tahun 2019 di Jakarta, kemarin. (Arief /LPC)

Keberangkatan mereka keajang tersebut dilepaskan keberangkatnya oleh Bupati Keerom, Muh. Markum, SH, MH, MM, yang diwakili Kadinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Keerom, Drs. Bambang Suhartawan, MMT. Acara pelepasan dilakukan secara sederhana namun khidmat di pelataran Bandara Sentani, Jayapura pada Kamis (10/10/2019) kemarin.

Pada kesempatan tersebut, Kadinas menjelaskan bahwa Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019 akan digelar di Jakarta dan diikuti sedikitnya 64 dari provinsi maupun kabupaten/kota se-Indonesia.

Kegiatan ini bagian dari program Seniman Masuk Sekolah (GSMS) yang tengah dilaksanakan sekolah-sekolah menengah. Sebanyak 14 orang yang dikirim ini terdiri dari 10 orang siswa/siswi, 1 seniman, 1 asisten seniman, serta 2 pendamping dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

‘’Kelompok GSMS ini akan mementaskan tari kolosal yaitu tari kolaborasi dari 8 tarian daerah. Kedelapan tari tersebut adalah tari kuda lumping, tari jaipong, tari payung, tari lenso, tari melayu, tarian daerah aceh, tarian daerah Kalimantan dan tarian daerah Papua. Ke-8 tari ini dibagi untuk dibawakan 64 sekolah dengan cara diundi dan Keerom mendapat undian untuk menarikan tari jaipong,’’ungkapnya.

Sementara dalam arahannya menjelang keberangkatan, ia mengingatkan agar tim tari dari Keerom bisa menampilkan kemampuan  terbaiknya karena membawa nama daerah.

‘’Saya harapkan agar kalian semua bisa tampil maksimal, gunakan kesempatan ini untuk menimba ilmu yang terbaik, karena kalian akan tampil bersama rekan-rekan kalian di seluruh Indonesia,’’pesannya.

Sementara itu, Ketua Regu, Tugiman, menyampaikan terimakasih atas support dari Pemkab Keerom dan Dinas P & K Keerom, sehingga tim tersebut bisa tampil memeriahkan Pekan Kebudayaan Nasional Tahun 2019.

Kadinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Keerom, Drs. Bambang Suhartawan, MMT, atas nama Bupati Keerom, melepas tim dari Kabupaten Keerom sebagai peserta pengisi acara Pekan Kebudayaan Nasional Tahun 2019 di Jakarta, kemarin. (Arief /LPC)

‘’Ajang ini sekaligus menjadi ajang bagi Keerom untuk mengenal budaya daerah lain, dan bagi daerah lain untuk lebih mengenal Papua. Karena sesuai undian kita harus membawakan tari jaipong, dan kalau tak salah, kontingen dari Sumatra Barat yang akan membawakan tarian adat Papua,’’pungkasnya.

Tak lupa ia meminta doa dan dukungan kepada orang tua murid dan masyarakat, agar kegiatan yang diikuti anak-anak bisa berjalan lancar dan aman. (arief/LPC)