Kemenag Keerom Gelar Evaluasi Penyelenggaraan Haji Tahun 2019

KEEROM (LINTAS PAPUA)  – Dalam rangka melihat sejauh mana pelaksanaan ibadah haji jamaah asal Kabupaten Keerom, maka Kantor Kementerian Agama Kabupaten Keerom, melaksanakan ‘Evaluasi Penyelenggaraan Haji Tahun 2019’ di Aula Kantor Kemenag Keerom, Selasa (8/10/2019) kemarin.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Keerom, Karel F. Mambay, SE, MPd.K, memimpin rapat evaluasi tersebut. (Arief /LPC)

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Keerom, Karel F. Mambay, SE, MPd.K, memimpin rapat evaluasi tersebut. Sementara pihak terkait lainnya yang turut rapat evaluasi tersebut antara lain, Petugas PPIH Keerom, Miherani, SAg, Ketua Rombongan Haji Keerom tahun 2019, M. Rowi, SPd, perwakilan dari IPHI Keerom, H. Daud dan Hj. Nurlian, dari KUA Arso dan Skanto, Puskesmas Arso, dan pihak terkait lainnya.

Rapat berjalan dengan baik, dan banyak masukan positif dari peserta tentang penyelenggaraan haji tahun 2019. Meskipun diakui ada beberapa kelemahan yang diharapkan bisa dilaksanakan perbaikkannya di tahun mendatang.

Kepala Kantor Kemenag Keerom, kepada media ini, mengemukakan bahwa kegiatan evaluasi penyelenggaraan haji di Keerom ini adalah yang pertama kali dilakukan. Karenanya ia merasa bersyukur adanya kegiatan seperti ini karena ternyata banyak masukan positif untuk pembenahan pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji di tahun mendatang.

‘’Dengan evaluasi ini kita bisa mendengarkan langsung dari ketua rombongan dan ketua regu tentang pelayanan pra haji dan pasca haji. Mulai dari persiapan penyelenggaran ibadah haji sampai dengan kepulangannya dan kegiatannya pasca haji tersebut. Sehingga dalam menata dan me-manage pelayanan haji kedepan ini betul-betul bisa dilakukan dengan baik sehingga penyelenggaraan haji dari waktu ke waktu itu semakin baik, terpercaya dan akuntabel,’’ujarnya.

Suasana kegiatan rapat evaluasi penyelenggaraan haji tahun 2019 di Kementerian Agama Kab Keerom yang dipimpin Kepala Kantor Kementerian Agama Keerom, Karel Mambay, SE, MPd.K, kemarin. (Arief  /LPC)

Ia menambahkan, dari apa yang disampaikan pada rapat evaluasi. Ternyata ada beberapa hal yang perlu kita lakukan kedepan, karena ternyata ada beberapa hal yang luput dari perencanaan. ‘’Salah satunya ada saving biaya untuk jasa membantu lansia melaksanakan haji, ini kita akan pikirkan untuk musim haji 2020 mendatang,’’pungkasnya. (arief/LPC)