JAYAPURA (LINTAS PAPUA – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, Pangarmada III Laksamana Muda TNI I. Nyoman. Gede. Ariawan, S.E., M.M , Pangkoops AU Marsda TNI Andyawan Martono P, S.I.P beserta beberapa pejabat TNI lainnya, menyambut kedatangan Menkopolhukam Wiranto, Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial dan Menteri BUMN di Bandara Mozes Kilangin Timika, Kabupaten Mimika, pada Selasa (08/10/2019).

Sebelum menerima Kunjungan dari Menkopolhukam dan Panglima TNI bersama rombongan, Pangdam XVII/Cenderawasih beserta Pangarmada III dan Pangkoops AU lebih dulu melakukan kunjungan serta melihat langsung bagaimana keadaan dan kondisi dari -/+ 100 orang pengungsi akibat dari kerusuhan di Wamena dan Ilaga September lalu, yang ditampung di Sekertariat Persekutuan Pemuda Toraja Mimika, Jl Samratulangi, Distrik Wania Kabupaten Mimika.

Disamping melihat langsung kondisi para pengungsi Pangdam juga memberikan bantuan kemanusiaan berupa bahan pokok, pakaian serta keperluan lainnya untuk para pengungsi di Timika. Kegiatan tersebut sebagai rasa empati keluarga besar TNI yang beberapa hari yang lalu memperingati hari jadinya yang ke-74.

“Kami berharap bantuan yang kami berikan dapat membantu meringankan beban saudara-saudara kami yang menjadi korban dari kerusuhan di Wamena dan Ilaga September lalu, walaupun nilai dan jumlahnya tidak seberapa buat saudara-saudara, kami yakin bukan hanya itu melainkan rasa kepedulian (Empati) keluarga besar TNI yang lebih bernilai dan jika ada yang ingin bertanya atau menyampaikan aspirasinya silahkan disampaikan agar sebisa mungkin Kami akan membantu dan memberikan solusi terbaik,” jelas Pangdam.

Selanjutnya Sekretaris IKT Mimika Bapak Marthen Samaa yang mewakili pengungsi mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran bapak-bapak disini, karena kepedulian bapak bapak TNI akan sangat membantu kami,” Ucapnya.

Sementara itu kami semua berharap kepada Bapak Pangdam agar dapat membantu kami dalam memberangkatkan pengungsi ke Kampung halaman masing- masing,” lanjutnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pangkoarmada lll Laksamana Muda TNI I Nyoman Gede Ariawan.S.E.,M.M., Pangkoopsau III Marsda TNI Andyawan Martono, P, S.I.P., Danlantamal-Xl Merauke Brigjen TNI (Mar) Lukman, S.T.,M. Si., Hanla, Wakapolda Papua Irjen Pol Yakobus, Kasrem 174/ATW Kolonel Kav Ketut Adi Suasta Putra SE, MS.i, Asintel Kasdam XVII/CEN Kolonel Inf Jo Sembiring, Kapendam XVII/Cendrawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto, Dandim 1710/Mimika Letkol Inf Pio L. Nainggolan, Danlanal Timika Letkol Laut (P) Yadi Mulyadi, S.E, Danlanud Y. Kapiyau Timika Letkol Pnb Sugeng Sugiharto, Dandenkav 3/SC Timika Mayor Kav Hanung Kaptiaji, Wakapolres Mimika Kompol Punia, dan pengungsi di Timika. (Otentikasi :  Kolonel Cpl Eko Daryanto, S.E., M.Si.
(Kapendam XVII/Cenderawasih)