Polisi Bantah Isu Kerusuhan di Kota Sentani, Kapolres Jayapura Ajak Warga Tetap Tenang

0
317
Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon, SH, S.IK., MH,  M.Si., saat memberikan keterangan pers. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Pesan bernada seram beredar lewat messenger (inbox). Isinya ada kerusuhan di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura. Tapi, tegas-tegas Polisi membantah isu ini.

“Kami pastikan kepada publik bahwa isu rusuh yang sedang berhembus adalah informasi itu hoax (bohong). Jadi jangan percaya,” terang Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon, SH, S.IK, MH. M.Si, dengan nada tegas ketika memberikan keterangan pers, di Mako Polsek Sentani Kota, Kabupaten Jayapura, Senin (30/09) kemarin pagi.

Pesan bernada seram yang tersebar secara berantai di antara sesama pengguna messenger (inbox) ini juga menuliskan adanya penyerangan yang dilakukan oleh salah satu pihak terhadap masyarakat tertentu.

“Masyarakat yang baik dan patuh hendaknya mengelola informasi dengan baik. Jika ada informasi yang berisi tentang gangguan keamanan agar segera menghubungi pihak kepolisian,” ungkap Kapolres Victor.

Untuk itu, warga diminta agar tetap tenang dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan warga juga di imbau untuk tidak membagi-bagikan informasi yang tidak jelas, serta terkesan provokatif lewat media sosial (Medsos).

Sebagai penanggungjawab keamanan di daerah ini, Kapolres Victor mengatakan, pihaknya memastikan bahwa kondisi keamanan secara keseluruhan sampai dengan saat ini aman terkendali.

Kendati demikian, kata Kapolres Victor, pihaknya tetap waspada dan selalu menyiapkan personil, guna mengantisipasi aksi dan pergerakan dari warga yang ingin mengacaukan keamanan dan ketertiban umum di wilayah Kota Sentani dan sekitarnya.

Dirinya juga mengimbau, agar warga tidak terlalu cepat termakan isu-isu yang akhir-akhir ini banyak muncul ibarat jamur di musim hujan. Sebab, tidak semua isu itu benar dan memiliki sumber yang jelas.

Dirinya menambahkan, masyarakat Kabupaten Jayapura hendaknya menyerahkan masalah keamanan dan ketertiban kepada aparat. Sebab, aparat hadir untuk tugas-tugas itu.

“Percayakanlah kepada kami semua persoalan keamanan, baik persoalan isu-isu, berita hoax dan gangguan keamanan lainnya. Kami juga membutuhkan kerjasama dengan masyarakat, berupa sharing (tukar) informasi Kamtibmas,” tutup pria yang pernah menjabat Kapolres Mimika tersebut. (Irf /LPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here