JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Warga Papua boleh berbangga, sebab telah “melahirkan” satu-satunya putra asli bumi cenderawasih yang meraih gelar profesor atau spesialis bedah internasional.

Adalah Prof. DR. Donald Aronggear, putra asli Papua yang juga merupakan spesialis bedah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura.

Tak sampai disitu, Donald juga merupakan dokter pertama yang melakukan operasi hernia secara live dan disaksikan tujuh negara se Asia Pasific. Yakni Tiongkok, Australia, Taiwan, India, Singapura, Korea Selatan, Indonesia (Denpasar dan Papua ).

Prestasi tersebut membuat Sekda Papua, Hery Dosinaen yang ikut menyaksikan proses operasi secara live sangat terkesan dan berbangga hati. Sebab sampai saat ini belum banyak anak-anak asli Papua yang mampu mengikuti jejak Prof. DR. Donald Aronggear.

“Saya kita operasi hernia secara live ini sangat luar biasa. Ini membuktikan kalau anak Papua juga bisa dalam aspek kesehatan, bahkan mampu mengoperasikan teknologi canggih dalam proses bedah”.

“Saya kira ini membuat kami bangga dan semoga bisa memotivasi  anak – anak Papua lainnya untuk bisa seperti dokter Donal,” ucap Sekda kepada pers, usai menyaksikan Live Demo Surgery, Asia Pasific Hernia Society (APHS) Conference, di RSUD Jayapura, Kamis (3/10/2019).

Oleh karenanya, Sekda mendorong untuk memberikan beasiswa bagi para anak-anak Papua sehingga mampu membangun bidang kesehatan di bumi cenderawasih.

Sehingga diharapkan pada masa mendatang, ada anak asli Papua lainnya yang mampu meraih gelar profesor layaknya Prof. DR. Donald Aronggear. (win)