Wakil Bupati Piter Gusbager Buka Musda II Dewan Kesenian Tanah Papua Kabupaten Keerom

0
600
Kegiatan Mussa II DKTP Kab. Keerom yang digelar di Gedung Pramuka, Jumat (27/9/19) kemarin. (Arief /LPC)

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, S.Hut, MUP, meminta agar Dewan Kesenian Tanap Papua (DKTP) Kabupaten Keerom agar melakukan upaya-upaya konkrit dalam rangka menggali dan melestarkan budaya dan kesenian daerah yang ada di Kabupaten Keerom.

Kegiatan Mussa II DKTP Kab. Keerom yang digelar di Gedung Pramuka, Jumat (27/9/19) kemarin. (Arief /LPC)

‘’Hari ini dewan kesenian tanah papua keerom harus dan wajib melakukan upaya kongkrit untuk menggali dan melestarikan budaya-budaya kesenian, karena budaya ini kalau tidak dilestarikan akan punah atau hilang,’’ungkapnya saat hadir pada kegiatan Musda II DKTP Kabupaten Keerom, di Gedung Pramuka, Arso Swakarsa, Jumat (27/9/2019) kemarin.

Ia juga menambahkan bahwa dalam rangka hal tersebut maka, Pemkab Keerom berkomitmen untuk mendukung penuh upaya-upaya penggalian dan pelestarian budaya di Keerom. ‘’Komitmen Pemkab keerom adalah terus mendukung upaya tersebut, karena seni adalah nafas, jiwa dan energi kita orang papua dan Indonesia, maka tanpa seni kita akan menjadi bosan,’’ujarnya.

Ia juga mengemukakan bahwa seni dan budaya di Kabupaten Keerom harus tetap hidup dan ia siap untuk mendukung hal itu.

 

‘’Saya akan mendukung dalam pembuatan sekretariat, jadi pilihlah ketua dewan kesenian tanah papua kab. Keerom yang mau bekerja dan bertanggung jawab, budaya-budaya baru akan selalu masuk tetapi jangan lupa dengan budaya asli kita, ketua dewan kesenian tanah papua kab. Keerom juga  harus bisa bekerjasama dengan semua pihak yang ada di Kab. Keerom, teruslah selalu berkoordinasi dengan kami dan susunlah program-program kegiatan yang startegis, terakhir saya berpesan didalam lembaga ini jangan ada hal-hal yang sampai merusak nama lembaga,’’tambahnya.

 

Sementara itu Ketua DKTP Provinsi Papua, Dr. Nomensen Mambraku yang hadir pada kesempatan tersebut mengemukakan bahwa mereka yang tersisa diatas negeri ini maka mereka juga yang bercerita diatas negeri tersebut.

‘’Itulah dewan kesenian tanah adat papua yang bertugas untuk mempertahankan martabat dan identitas diatas negeri ini, dewan kesenian tanah papua kab. Keerom sebagai pelaksana di kabupaten yang selalu mempertahankan seni dan budaya di daerah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,’’ujarnya.

Kegiatan Mussa II DKTP Kab. Keerom yang digelar di Gedung Pramuka, Jumat (27/9/19) kemarin. (Arief /LPC)
Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, S.Hut, MUP, meminta agar Dewan Kesenian Tanap Papua (DKTP) Kabupaten Keerom agar melakukan upaya-upaya konkrit dalam rangka menggali dan melestarkan budaya dan kesenian daerah yang ada di Kabupaten Keerom. (Arief /LPC)

Turut hadir pada kegiatan Musda tersebut, Edy Buntan (Asisten II Setda Keerom), Jaswadi (Kadis Pariwisata), Megiken Bangun (Kadis Kominfo), Bambang Suhartawan (Kadis P dan K), Pendeta Frans Mambrasar (Ketua Klasis GKI Kab. Keerom) dan tamu undangan lain. Musda akhirnya memutuskan menunjuk Fings Mousanggua, SH sebagai Ketua DKTP Kabupaten Keerom, yang selanjutnya akan dilantik dalam waktu yang tak terlalu lama lagi. (Arief/LPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here