JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Mindset Riset Konsultan Indonesia (MKRI) satu lembaga survei dan konsultan independen yang melakukan survei bagi respon masyarakat yang akan melakukan pemilihan dan mensurvei Calon Bupati dan Wakil Bupati, MKRI sudah menyampaikan hasil survei lima Kabupaten yaitu Nabire, Waropen, Keerom, Asmat, pada Jumat(28/9/2019) disampaikan hasil survei Membramo Raya,Hadir 20 orang Wakil bupati terpilih Memberamo Raya, Calon bupati Membramo Raya dan asisten, Sahid Hotel Jayapura.

Direktur pemenangan indonesia timur MKRI, Andi Baso Ryandi Mappasulle menjelaskan beberapa fungsi MKRI mengedukasi hingga mengambarkan peta politik secara independen.

“Survei ini tidak di tungangi oleh bakal calon siapapun, tidak ada campur tangan oleh partai manapun, betul-betul kami lakukan independen untuk Membramo Raya, kita mencoba memberikan edukasi politik pada masyarakat Membramo Raya khususnya bakal calon Bupati dan Wakil, kita juga memberikan gambaran peta politik, termasuk mengevaluasi kinerja pemerintahan yang ada sekarang,”Katanya.

Wakil Bupati Memberamo Raya, Yakobus Britay S.IP., saat diwawancara. (Fransisca /LPC)

Wakil Bupati Memberamo Raya, Yakobus Britay S.IP.,  menyambut baik hasil pemaparan MKRI dalam menilai kinerja pemerintahan di Membramo Raya.

“MKRI survei ini membantu mengetahui semua hasil di lapangan, artinya proses ini berjalan dengan baik, semua terukur dari situ, hasil survei hari ini pelayanannya seperti ini, mungkin saya bekerja dengan pak bupati ada hal-hal yang tidak bisa di selesaikan mungkin belum puas yang mungkin itu terukur disitu juga, mungkin lebih efektif, lebih terukur kedepan,” tuturnya.

Sementara itu, Koordinator wilayah Papua dan Papua barat MKRI, Andi Irfan, menjelaskan kondisi hasil survei di beberapa wilayah Incamben kalah, tapi hasil bisa berubah dalam jangka beberapa bulan tergantung kerja pemerintahan masing-masing.

“Kami bisa mengambarkan ada lima Kabupaten rencana kami release, untuk saat ini yang kami sudah survei adalah Membramo Raya dan sorong selatan, dua Kabupaten ini kinerja pemerintah kelihatannya kurang maximal, sehingga ada kandidat baru bermunculan untuk memenangkan pertandingan di tahun 2020 mendatang, untuk Kabupaten selanjutnya, dalam satu dua minggu ini,” katanya.

“Mungkin selanjutnya yang akan kami survei adalah Nabire, baru Kabupaten Asmat dan Waropen.Yang jelas di dua Kabupaten Membramo Raya maupun Asmat secara elektabilitas Inkamben kalah, apa yang menjadi hasil saat ini bisa saja berubah dalam waktu dalam satu atau dua bulan kedepan, tergantung kinerja masing-masing tim, kita sudah memberikan gambaran hasil real masing-masing kandidat seperti ini,” pungkasnya. (Fransisca/lintaspapua.com)