25 Anggota DPRD Kabupaten Jayapura Ikuti Bimtek Pendidikan Politik

0
161
Ilustrasi Bendera Partai Politik (ISTIMEWA)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Sebanyak 25 Anggota DPRD Kabupaten Jayapura ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendidikan Politik di Hotel HoreX, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (24/9/2019).

Acara yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Jayapura ini, sebagai upaya membangun budaya politik beretika dengan memperhatikan kearifan lokal. Kegiatan Bimtek yang akan diselenggarakan selama tiga hari ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro.

Sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Daerah, Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro dalam sambutannya saat membuka kegiatan Bimbingan Tekhnis mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara atas hasil kerja kerasnya melaksanakan Pemilu Serentak Tahun 2019.

“Maka saat ini dilakukan kegiatan koordinasi forum diskusi politik yang dikemas dalam bentuk Bimtek pembekalan bagi calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Jayapura,” jelasnya, saat membuka Bimtek Pembekalan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Jayapura hasil Pemilihan Legislatif Tahun 2019. di hotel horex Sentani, Selasa (24/9/2019).

Ia juga menyampaikan, hal yang sama kepada para nara sumber berasal dari DPRD Kabupaten Jayapura, Ditjen Polpum Kemendagri, UNHAS Makassar, UNCEN Jayapura, BPK Perwakilan Provinsi Papua dan Pemda Provinsi Papua.

“Sebagai sarana Pendidikan Politik guna memberikan pemahaman dan menyatukan persepsi bagi peserta tentang pentingnya pembangunan demokrasi sehat, bermartabat dan beretika,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura, Sefried Depondoiye menyampaikan, kegiatan Bimtek bagi Anggota DPRD terpilih merupakan kegiatan pembekalan sebelum para Anggota dilantik.
“Kegiatan ini diprakarsai oleh Kesbangpol, kegiatan ini hanya sekali diawali. Kalau soal evaluasi bukan tugas kita, nanti mereka sendiri yang akan mengevaluasi saat sudah di DPR,” jelasnya.

Disinggung soal pelaksanaan pelantikan Anggota baru, dia menyampaikan apabila tidak ada halangan pelantikan akan dilaksanakan pada bulan Oktober minggu ke dua.

25 anggota DPRD Kabupaten Jayapura baru periode 2019-2024 wajib mengikuti orientasi atau Bimbingan Teknis (Bimtek) dari Pemerintah Kabupaten Jayapura. Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas dalam melaksanakan tugas Dewan. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here