Distrik Nimbokrang Siap Jadi Kawasan Ekowisata, Potensi Kampung Dimanfaatkan Secara Baik

0
886
Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro, didampingi Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura Adolf Yoku, S.IP, M.M., ketika menyerahkan secara simbolis alat mesin pertanian kepada perwakilan kelompok tani asli Papua, di Kampung Berap, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, Kamis (19/7/2018). (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) mencanangkan Distrik Nimbokrang sebagai Kawasan Ekowisata yang terintegrasi dengan program antar sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di bidang Ekonomi.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, S.P., M.M., mengaku pencanangan Kawasan Ekowisata di Nimbokrang ini merupakan inisiasi rencana besar dari pihaknya.
Dikatakan, rencana pencanangan kawasan ekowisata tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Sekarang, pihaknya bersama sejumlah OPD teknis seperti Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Bappenda serta beberapa OPD lainnya.

Dirinya menerangkan, setelah melihat dan mengkaji potensi yang dimiliki oleh kampung-kampung yang ada di Distrik Nimbokrang, maka sudah saatnya potensi kampung dimanfaatkan dengan program pencanangan kawasan ekowisata.

“Jadi, kawasan ekowisata ini kami rancangkan dalam upaya mendukung pelaksanaan iven Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 nanti. Dimana lewat program kawasan ekowisata, maka ketersediaan sayur-sayuran, palawija, buah-buahan, tempat wisata, Kakao dan usaha ekonomi produktif lainnya,” sebut Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, S.P., M.M., saat di temui di Doyo Baru, Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (21/09) pekan kemarin.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, kata Adolf Yoku, bahwa pihaknya telah turun langsung ke masyarakat dan bertatap muka. Respon masyarakat sangat baik, oleh sebab itu dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama, Dinas TPH dan OPD lainnya akan mencanangkan kawasan ekowisata di Distrik Nimbokrang.

Ilustrasi kegiatan sebelumnya, Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro, didampingi Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura Adolf Yoku, S.IP, M.M., ketika menyerahkan secara simbolis alat mesin pertanian kepada perwakilan kelompok tani asli Papua, di Kampung Berap, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, Kamis (19/7/2018). (Irfan / HPP)

Mantan Kepala SPMA di Kampung Harapan ini menandaskan, kawasan ekowisata tidak hanya di Distrik Nimbokrang. Tetapi, akan di kembangkan lagi ke distrik-distrik lain. Terpenting adalah dukungan masyarakat, serta potensi pendukung untuk keberlangsungan program ekowisata tersedia.

“Kami berharap, supaya rencana pencanangan kawasan ekowisata yang sedang kami persiapkan mendapat dukungan dari para pihak berkompeten. Supaya kedepan program ekowisat dapat dikembangkan ke distrik lain dengan tampilan yang berbeda berdasarkan potensi wilayah masing-masing,” imbuhnya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here