JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Jayapura terus membangun kesadaran masyarakat untuk tertib administrasi penduduk, hal ini dengan menggelar sosialisasi Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) kepada masyarakat di Kelurahan Ardipura, Sabtu (21/9/2019), yang dibuka Asisten II Setda Kota Jayapura.

Suasana Kegiatan di Kelurahan Ardipura. (Fransisca / lintaspapua.com)

Asisten II Setda Kota Jayapura, Nur Jainudin Konu, mewakili Walikota Jayapura menyampaikan pesan, bahwa pembangunan berpusat pada manusia

“Pemerintah terus berupaya menjemput bola, Penduduk adalah titik central pembangunan berkelanjutan, karena penduduk adalah pelaku, pemberi manfaat bagi pembangunan berpusat pada manusia dengan memperhatikan data secara lengkap, terutama kualitas penduduk,” ujar Asisten II Setda Kota Jayapura, Nur Jainudin Konu, dalam sambutannya.

Dijelaskan, bahwa Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) adalah gerakan kesadaran akan pentingnya dokumen kependudukan, pentingnya pemanfaatan data kependudukan, pentingnya pemutakhiran data kependudukan, dan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan.

 

Jainudin menghimbau,  untuk menggunakan pelayanan gratis SIGA ini sebagai pelengkap surat penting keluarga sekitar kelurahan Adipura.

“Perkembangan penduduk kota Jayapura termasuk bertumbuh cepat, karena pertumbuhan ekonomi kita tinggi, Saya berharap saudara sekalian hadir memanfaatkan pelayanan yang di berikan oleh dinas Dukcapil Kota Jayapura, melengkapi surat Administrasi, tanpa datang ke kantor dinas Dukcapil, tanpa di pungut biaya,” ungkapnya.

Saat Pelayanan GISA di Kelurahan Ardipura. (Fransisca / lintaspapua.com)

Dirinya berpesan, bahwa dari GISA ini Data lengkap siap di gunakan kapan saja.

”Mari kita lengkapi surat-surat administrasi kita, terutama bagi anak-anak kita. Saya yakin di kota Jayapura ini masih ada yang belum memiliki KTP, seharusnya wajib lapor 24 Jam ini penting, kalau terjadi sesuatu kita memiliki Data diri lengkap bisa di gunakan,” lanjutnya.

Ditambahkan,  untuk saat ini telah bekerjasama dengan beberapa Rumah sakit, jika ada anak baru saja lahir, bisa langsung mendapat akte lahir, sebagai bagian dari pelayanan pemerintah kepada masyarakat. (Fransisca / lintaspapua.com )