PUNCAK JAYA (LINTAS PAPUA)  –  Pemberian Informasi Langsung (PIL) menjadi salah satu program dari Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) BPJS Kesehatan untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat dalam memberikan pemahaman dan penyebaran informasi kepada masyarakat.

Semua masyarakat harus tahu mengenai setiap prosedur dalam menggunakan pelayanan dari Program JKN-KIS, mulai dari hak dan kewajibannya sebagai peserta, serta bagaimana mengakses layanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) hingga ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL).

Peningkatkan pemahaman masyarakat dan penyebaran informasi seputar Program JKN-KIS secara merata terus dilakukan hingga ke pedalaman Papua. Hal ini tidak menjadi penghalang bagi petugas BPJS Kesehatan seperti apa yang dilakukan oleh Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Puncak Jaya, Ahmad Dalim Jayamada, Rabu (11/09/2019).

Dalim menyasar salah satu Kampung Yambi di Distrik Yambi yang berada di pedalaman dengan jarak tempu cukup jauh dari Kota Mulia yang merupakan ibu kotanya Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

“Untuk bisa sampai ketempat tujuan yaitu Kampung Yambi, Distrik Yambi, saya harus ikut bersama rombongan Puskesmas Mulia menggunakan truk yang bermuatan dengan medan dan jarak tempuh yang lumayan jauh. Setiba di tempat tujuan yaitu Pustu Distrik Yambi saya langsung mendekati masyarakat yang ada di Pustu untuk mengedukasi peserta dengan dibantu oleh Yonias Mamo salah satu petugas Puskesms Mulia untuk menerjemahkan apa yang saya sampaikan kedalam bahasa lokal setempat yaitu Bahasa Dani,” ujar Dalim.

“Program JKN-KIS merupakan program pemerintah untuk masyarakat Indonesia, tidak terkecuali bagi masyarakat yang tinggal di pedalaman desa sekalipun. Di era digitalisasi sekarang masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan mungkin akan sangat mudah mengakses informasi terbaru seputar Program JKN-KIS melalui media sosial dan jaringan internet. Namun berbeda bagi mereka yang tinggal di pedalaman kampung dengan keterbatasan jaringan komunikasi, hal tersebut merupakan sesuatu yang langkah,” tambahnya.

Imbe Yoman adalah salah satu peserta dari segmen PBI APBN mengatakan sangat senang sekali dengan adanya sosialisasi ini bisa sampai ke pelosok secara langsung, dia jadi lebih paham dalam memanfaatkan kartu JKN-KISnya yang dulunya dia dapat dari Dinas Sosial Kabupaten Puncak Jaya melalui Kantor Distrik Yambi.

“Berharap kegiatan sosialisasi ini lebih sering lagi dilaksanakan, apalagi melihat Distrik Yambi sendiri termasuk distrik yang cukup jauh dari Kota Mulia dan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit apabila harus ke kota dengan akses transportasi yang sulit. Sekali lagi kami sampaikan terimakasih kepada petugas BPJS Kesehatan dan Puskesmas Mulia yang sudah datang langsung untuk memberikan informasi tentang manfaat dari kartu JKN-KIS,”tutup Imbe. (Fransisca  / lintaspapua.com)