KEEROM (LINTAS PAPUA) – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kab Keerom, Piter Gusbager S.HUT, MUP, dan jajaran PMI Keerom melaksanakan HUT PMI ke-74 di Gedung Pramuka, Arso Swakarsa, pada Selasa (17/9) kemarin.

 

Pada kegiatan kali ini, Ketua PMI Keerom juga melantik pengurus PMI Distrik, PMR dan relawan PMI.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kab Keerom, Piter Gusbager S.HUT, MUP, dan jajaran PMI Keerom melaksanakan HUT PMI ke-74 di Gedung Pramuka, Arso Swakarsa, pada Selasa (17/9) kemarin. (Arif /LPC)

Seluruh pengurus PMI Keerom hadir pada kegiatan kali ini, demikian pula pengurus PMI Distrik yang dilantik dari Distrik Arso Barat dan Distrik Skanto. Sementara dari Palang Merah Remaja, ada dari perwakilan SMU di Distrik Skanto dan Arso. Juga ada relawan PMI dari Kampung Workwana, Kampung Yaturaharja, juga dari relawan PMI dari Masjid Arso X dan Swakarsa. Serta PMR dari SMP Arso 6, Arso 11, SMU Negeri I, SMU Yapis.

Ketua PMI Keerom yang juga Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, S.Hut, MUP, pada sambutannya mengemukakan bahwa keberadaan PMI Distrik dan relawan PMI serta PMR di Keerom adalah sejarah baru bagi masyarakat Keerom, karena kehadirannya diharapkan menjadi solusi bilamana dibutuhkan.

‘’Saat ini kita lantik PMI Distrik Arso Barat dan Skanto juga PMR (Palang Merah Remaja) serta relawan di beberapa kampung termasuk dari masjid dan gereja, kita secara bertahap akan membentuk kepengurusan di distrik lain dan kampung lain di Keerom,’’ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa sedianya Ketua PMI Provinsi akan datang untuk menyerahkan bantuan mobil ambulance, namun karena sedang agenda di luar daerah maka penyerahan ditunda pada kesempatan berikut.

‘’Karena selanjutnya direncanakan akan dilakukan pelatihan pertolongan pertama pada kecelakaan dan juga pelatihan tingkat dasar bagi relawan PMI dan PMR,’’lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengapresiasi atas semangat yang ditunjukkan pengurus dan relawan PMI. ‘’Saya senang ada kemauan dan semangat, PMI di Keerom memang hadir dari kampung untuk Papua dan Indonesia,’’ujarnya lagi.

Ia juga meminta dengan semangat HUT PMI ke-74 agar semangat pengabdian berdasarkan kemanusiaan harus dikedepankan. ‘’Harus kita ingat, sebagai insan PMI ketika ada masalah di kampung sekolah atau dimanapun tinggal, maka saudara harus tampil kedepan untuk membantu, untuk itu kita harus siapkan relawan yang terlatih untuk menangani persoalan-persoalan darurat kebencanaan yuang mungkin bisa terjadi disekitar, maka kita harus siap,’’pungkasnya.(arief/LPC)