JAYAPURA (LINTAS APPUA) – Perayaan HUT ke-18 Partai Demokrat yang jatuh pada 9 September 2019 kemarin, dirayakan oleh jajaran pengurus dan kader DPD Demokrat Provinsi Papua secara sederhana, pada salah satu hotel di Jayapura, Senin (10/9/2019).

Ketua Partai Demokrat Papua, Lukas Enembe, saat memberikan sambutannya. (Erwin /LPC)

Ketua DPD Partai Demokrat Papua Lukas Enembe pun tak lupa menyemangati para kader yang kalah bertarung dalam Pileg lalu.

“Jangan berkecil hati walu tidak menang sebab napas kehidupan organisasi partai ini ada didalam diri seluruh kader. Karena itu, melalui perayaan HUT Demokrat ke 18, saya ajak kita semua bersatu membangun partai ini,” ucap Lukas.

Ia katakan, hasil Pileg 2019 tingkat provinsi memastikan Partai Demokrat Papua mendapatkan delapan kursi yang sama banyaknya dengan partai Nasdem. Padahal sebelumnya partai berlambang mercy ini, menguasai sebagian besar kursi di DPR Papua dengan total 16 kursi.

Ketua DPD Partai Demokrat Papua,  Lukas Enembe (tengah) didampingi Wakil Ketua R. Ham Pagawak dan Sekertaris Carolus Bolly, saat meniup lilin pada perayaan HUT ke-18 partai berlambang mecy itu, di salah satu hotel di Jayapura, Senin. (Erwin/LPC)

“Memag banyak kader saya berbelok (pindah partai) tapi visi partai demokrat jelas. Jadi, anda (kader) yang ada saat ini tidak usah ragu. Kali ini, mungkin kita tidak terlalu beruntung, hanya delapan kursi. Tapi di parpol kita tertinggi dan sebagian besar DPRD kabupaten maupun kota partai kita duduk di unsur pimpinan”.

“Hanya memang karena penyelenggara pemilu lalu diberikan kewenangan lebih sesuai aturan PKPU . Akibatnya ya seperti ini, penyelengaranya tidak bagus. Sistem penyelenggara KPU memberi kewenangan bagi Panitia Pemilihan Distrik (PPD) (untuk menentukan suara), sehingga saya harap ini di evaluasi,” harapnya.

Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Papua, Ricky Ham Pagawak yang juga sebagai inisiator peringatan HUT tersebut juga menyoroti banyaknya kader yang pindah perahu akibat tergiur tawaran menarik.

Kendati demikian, dia berharap seluruh kader yang ada saat ini agar tetap bersatu membesarkan partai yang sebelumnya pernah dipimpin Presiden dua periode tersebut. “Pimpinan kami seorang jenderal yang sampai hari ini negara masih mengakui dan pakai dia sebagai tokoh di republik yang kita cintai ini. Untuk itu, saya harap kita terus bersatu, jaga kekompakan membesarkan partai ini,” ajaknya.

Diketahui, dalam rangka HUT ke 18, DPD Partai Demokrat Papua menggelar Futsal Demokrat Cup 2019 yang dilaksanakan 2 – 7 September 2019 dengan diikuti 32 tim memperebutkan uang pembinaan bagi juara pertama Rp25 juta, kedua Rp20 juta, ketiga Rp15 juta dan keempat Rp10 juta.

Pada 2020 mendatang, Partai Demokrat Papua berencana menggelar kejuaraan motor cross. (Win)