Suasana Sejuk Danau Sentani. (Foto Irma Sokoy)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Kabupaten Jayapura dipastikan akan menjadi Bali Baru. Pembangunan infrastruktur destinasi (tempat tujuan) wisata prioritas ini tidak akan dikerja sendiri oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura, tapi akan dibantu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya. Hal ini guna mempertajam program yang telah digagas oleh Bupati Jayapura.

 

Untuk itu, pada saat pelaksanaan Festival Danau Sentani (FDS) Tahun 2020 yang bersamaan dengan pelaksanaan iven Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 itu akan dikemas oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jayapura lebih spektakuler lagi pelaksanaannya dari tahun-tahun sebelumnya.

 

“Ini diupayakan pada saat PON, karena akan dihadiri Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, untuk membuka PON, sekaligus mencanangkan Kabupaten Jayapura khususnya kawasan Danau Sentani  dan Kabupaten Jayapura untuk menjadi Bali Baru,” terang Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura, Drs. Joko Sunaryo, M.Si, saat dikonfirmasi wartawan di Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (9/9/2019) siang lalu.

 

Dirinya menerangkan, pariwisata sebagai leading sektor di Kabupaten Jayapura akan berintegrasi terhadap semua program di Kabupaten Jayapura, sebagai upaya meningkatkan ekonomi masyarakat berbasis pariwisata. Diutamakan bagi tempat-tempat yang diperkirakan menjadi tempat kunjungan pada saat perhelatan PON XX tahun 2020, sehingga ekonomi masyarakat dapat bertumbuh.

 

Dengan demikian kawasan berbasis pariwisata akan dibangun melalui lintas OPD yang pekerjaannya tidak lagi bersifat sektoral, tetapi terintegrasi menjadi satu dan telah dibagi menjadi dua sektor.

 

“Tim infrastruktur dan tim ekonomi pariwisata, sudah pasti tim yang tergerak pada sektor ekonomi pariwisata akan terintegrasi dengan tim infrastruktur dengan begitu ada kesinambungan dan kerjasama yang baik,” paparnya.

 

“Dengan demikian kita nyambung, kira-kira infrastruktur apa belum terdukung oleh ekonomi pariwisata mereka masuk disitu. Terutama menata kampung, sehingga menjadi tempat wisata yang baik untuk dikunjungi tahun 2020 nanti,” sambung Joko Sunaryo menjelaskan.

 

Joko Sunaryo menambahkan, ada 8 (delapan) kampung yang telah dipersiapkan dan telah siap menjadi titik-titik spot wisata kunjungan tamu wisata Danau Sentani, berdasarkan hasil survei yang dilakukan pihaknya.

 

“Jadi ada 8 (delapan) kampung di pesisir Danau Sentani telah di survei, seperti Dondai, Babrongko, Abar, Asei, Putali, Yokiwa, Puai dan Ifar Besar, yang akan menjadi titik spot wisata kunjungan tamu yang akan datang pada saat iven PON XX 2020 nanti,” pungkasnya. (Irf / lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here