BIAK (LINTAS PAPUA) – Bupati Kabupaten Biak Numfor,  Herry A. Naap turut menyaksikan acara penandatanganan Deklarasi Kesepakatan Bersama dalam Rangka Menjaga Papua Tanah Damai. Sejumlah Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, dan Tokoh Pemuda serta Paguyuban Nusantara yang ada di Kabupaten Biak Numfor turut serta juga dalam deklarasi tersebut.

Bupati Biak Numfor Herry A. Naap, dalam acara tersebut, mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Biak Numfor untuk terus mempertahankan Kebhinekaan yang ada untuk menjaga persatuan dan juga kebersamaan di Kabupaten Biak Numfor.

Bupati Biak Numfor,  Herry A. Naap saat memberikan sambutan. (Viona)

“Untuk itu, saya mengajak kita untuk terus mempertahankan kebhinekaan kita yang sudah ada di Kabupaten Biak Numfor, walaupun kita berbeda suku, agama dan bahasa tetapi kita harus terus berada dalam satu koridor, dalam kebhinekaan yang berbeda-beda tetapi kita tetap satu untuk menjaga persatuan dan kebersamaan kita.” Ujar Bupati Herry A. Naap

Di tempat yang sama, Kapolres Biak Numfor AKBP Mada Indra Laksanta, SIK, M.Si mengungkapkan bahwa penegakkan hukum terkait fenomena yang terjadi belakangan ini sudah dilakukan mulai dari Jakarta, Surabaya, Malang, Sorong, Manokwari Fakfak, sampai Jayapura. Semua penegakkan hukum sudah dilakukan tanpa pandang bulu.

“Mari yang sudah berjalan sekian lama ini Biak tetap kondisi, segala sesuatu disampaikan dengan cara-cara yang bermartabat, ini tetap kita Kawal terus karena ini menunjukkan kebudayaan Biak yang sesungguhnya.” Ungkap Kapolres

Kapolres juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Biak Numfor untuk tidak mudah terpengaruh dengan banyaknya berita Hoax yang beredar di kalangan masyarakat. “Semoga kita tetap terus menjadi Mitra, menjadi saudara, sahabat. Segala sesuatu tolong disampaikan, bila ada yang tidak enak di masyarakat. Informasi hoax terutama Tolong disampaikan kepada kami atau pihak-pihak yang terkait dengan masalah itu, karena berita hoax sekarang ini sangat gencar berita bohong bisa menghancurkan suatu daerah, keluarga, kredibilitas seseorang. Mari kita tolak hoax kita harus konfirmasi dulu.” Tutur Kapolres

Usai memberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan membaca secara bersama – sama Deklarasi Kesepakatan Bersama dalam Rangka Menjaga Papua Tanah Damai.

Foto bersama usai deklarasi kesepakatan Papua Damai di Halaman Polres Biak Numfor, Senin (09/09/2019). (Viona)

Berikut isi dari deklarasi kesepakatan Papua damai tersebut :

Kami Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan beragam suku, bahasa, agama dan adat istiadat sepakat menyatakan : satu (1) menjaga kesatuan dan persatuan di Tanah Papua.

Dua (2) hidup berdampingan rukun, damai dengan penuh kasih sayang. Tiga (3) sepakat tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak benar. Empat (4) sepakat menolak kelompok separatis dan radikal di Tanah Papua.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi Kesepakatan oleh Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan dan Unsur Forkopimda Kabupaten Biak Numfor, serta Bupati Kabupaten Biak Numfor, Herry A. Naap. (Vio)