JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (LBP), Yang juga sebagai Ketua Pembina Yayasan Del didaulat memberikan selamat kepada para wisudawan  saat mewisuda sebanyak 323 mahasiswa dari berbagai program studi , Sabtu (7/9/2019) di Gedung Serbaguna Yayasan Del Sitoluama , Laguboti, Toba Samosir. Menko LBP sekaligus mengapresiasi mahasiswa Tolikara pada Sidang Terbuka Wisuda ke XVI dan Dies Natalis XVIII yang diselenggarakanRektor Institut Teknologi (IT) Del.

“Jangan bilang orang Papua tidak bisa cerdas, diantara wisudawan ada dari Papua memiliki prestasi Cum Laude, tentu ini karena belajar keras,  bekerja keras, dan hati saya senang ada 11 orang dari Papua yang lulus dengan baik”, ungkap LBP.

“Saya minta kepada Bupati Tolikara , mohon ijin saya bawa anak kita ini bekerja di Kantor Kementerian Kemaritiman Jakarta, dan akan saya sekolahkan sampai S2, S3 didalam atau diluar negeri, yang disambut tepuk tangan dari ribuan yang menghadiri Gedung serbaguna”, lanjut LBP.

Menurut Rektor IT Del Prof. Togar M Simatupang, M.Tech., P.hD. Zaman ini Yang disebut dengan era digital, era ini membawa banyak perubahan salah satunya adalah bagaimana kita bisa belajar dan memberi nilai tambah pada kegiatan sosial ekonomi maupun pemerintahan pada hari ini.

“Kami berbahagia untuk melepaskan 323 orang jurusan Institut Teknologi Del sebagai agen perubahan di tengah-tengah bangsa yang saat ini sedang giat untuk melakukan pembangunan yang kami berharap mereka terlibat sebagai perancang maupun pelaksana untuk membantu Indonesia menuju atau mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan”, terang Rektor.

Dalam sambutannya Bupati Tobasa Darwin Siagian, menyampaikan hubungan baik dengan Bupati Tolikara Usman, sebab 3 tahun yang lalu kami  bersama- sama mengantar anak Tolikara ke IT Del,  dan hari ini kita mendapat hasil yang baik.
“Barusan mahasiswa asal Tolikara kita undang makan bersama dirumah dinas Bupati dengan makanan khas Tolikara dan cara masaknya dengan  bakar Batu” ujarnya mengakhiri.

Sambutan Bupati Tolikara  Usman menyampaikan,”Terima kasih atas seluruh proses belajar mengajar sampai hari ini bisa berlangsung  dengan baik, dan disini ada pendidikan yang dibangun dengan baik. Bupati Usman tetap mengiginkan  kerja sama Antara Pemkab Tolikara dengan IT Del, walaupun ada anak -anak kita yang tidak sampai lulus yang disebabkan karena kondisi kesehatan sampai pulang untuk itu saya mohon maaf kepada dosen,” ujar Bupati Usman.

Lebih lanjut Bupati Usman mengatakan, ”Memang kami orang Papua sangat terlambat dalam pendidikan dengan Pendidikan Nasional tetapi hari ini saya merasa bangga karena anak-anak bisa mendapat pendidikan yang berkualitas tinggi, berharap tahun depan akan mengirimkan anak-anak  Tolikara kuliah dan akan menjalin kerjasama dengan IT Del”.

”Memang sangat luar biasa mengikuti jenjang pendidikan di sini, anak Tolikara lulus sebanyak 11 orang dan telah banyak memberikan perubahan yang luarbiasa dan menjadi contoh bagi anak Tolikara. Banyak perubahan yang mereka terapkan di Tolikara, diakui  pendidikan orang Papua terasa cocok dengan didikan IT Del, sepertinya anak-anak Tolikara dapat menyesuaikan. ”Pada kesempatan ini, saya bangga luar biasa ada kemampuan baru bagi anak Tolikara, untuk itu saya mengucapkan  terimakasih kepada Bapak Presiden Jokowi, Menko Bidang Kemaritiman  Luhut Binsar Panjaitan , dan segenap Civitas Akademika IT Del”, Ujar Bupati Usman Mengakhiri.  (Otentikasi: Kapendam XVII/Cenderawasih, Letkol CPL Eko Daryanto)