JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Papua menyebut alokasi APBD Perubahan 2019 dan APBD Induk 2020, diperuntukan untuk mensukseskan pelaksanakan PON XX 2020 di bumi cenderawasih.

“Tinggal nanti yang diatur pengangkutan ikan kita dari Biak ke Jayapura. Sebab untuk Mimika sudah tidak ada masalah,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua FX Mote kepada pers, di Jayapura, Kamis.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Papua memastikan pelaksanaan PON XX 2020, hanya digelar di tiga titik dari sepuluh yang direncanakan sebelumnya. Tiga titik tersebut, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura serta Kabupaten Mimika.

“Kita hanya akan bicara PON, PON dan PON. Artinya dan apa yang dibuat oleh Dinas Kelautan dan Perikanan adalah sukses penyiapan ikan untuk PON mulai dari hulu dan hilir”.

Kepastian ini disampaikan Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraann Rakyat Sekda Papua Muhammad Musa’ad, di Jayapura, Selasa.

Dia berharap seluruh OPD dapat menyesuaikan program kerja dalam pelaksanaan PON XX 2020 mendatang, dengan disesuaikan pada tiga titik tersebut.

Diketahui, dalam Rapat Terbatas (Ratas) Pemerintah Papua, Kemenpora dan Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Senin (26/8/2019), diputuskan PON XX tahun 2020 tetap dilaksanakan di Provinsi Papua, namun hanya pada tiga titik penyelenggaraan dengan 34 cabor.(win)