KEEROM (LINTAS PAPUA) – Polres Keerom melalui Satuan Bimmas Polres menggelar kegiatan Sosialisasi ‘Roadmap’ Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) tingkat kampung dalam rangka mempererat persatuan dan kesatuan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Mereka menggelar kegiatan tersebut Gedung Serbaguna, Kampung Sanggaria, belum lama ini (30/8/2019).

Polres Keerom melalui Satuan Bimmas Polres menggelar kegiatan Sosialisasi ‘Roadmap’ Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) tingkat kampung. (Arif /lintaspapua.com)

 

Kasat Bimmas Polres Keerom, AKP. Mujiat, kepada media, Jumat (6/9) mengemukakan bahwa tujuan kegiatan yang dilakukan adalah memberikan pemahaman kepada aparatur pemerintahan di tingkat kampung dan masyarakat agar memahami tentang FKPM dan pentingnya FKPM bagi kehidupan masyarakat di tingkat kampung tersebut.

‘’Karena kita harapkan jika masyarakat sudah paham dan mengerti apa itu FKPM atau forum kemitraan polisi dan masyarakat, manfaatnya bagi mereka, maka FKPM ini akan terbentuk karena inisiatif dan kebutuhan masyarakat. Karena kita berharap, nantinya di setiap kampung di Keerom miliki FKPM-nya masing-masing,’’ujarnya.

Ia juga mengemukakan bahwa FKPM bukan polisi atau memolisikan masyarakat, namun ia adalah forum yang beranggotakan tokoh-tokoh yang ada di kampung dan menjalankan fungsi kemitraannya terhadap kepolisian. Dengan demikian permasalahan-permasalahan yang terkait dengan kehidupan kemasyarakat di tingkat kampung akan bisa diselesaikan di tingkat kampung.

 

Sementara itu, salah satu pembicara pada kegiatan tersebut, Bayu, dari IOM (UN Migration), mengemukakan bahwa pemolisian masyarakat adalah sebuah paradigm yang dibentuk atas landasan kemitraan polisi dan masyarakat dalam rangka mengatasi gangguan keamanan dan ketertiban lingkungan.

‘’Polmas adalah sebuah bentuk pemolisian dimana polisi dilihat sebagai mitra masyarakat dan bersama-sama mencapai keadilan dan pelayanan kepolisian yang prima,’’ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa untuk di Keerom FKPM telah dibentuk di Skanto. Sebagai pilot project, FKPM di Skanto telah berperan aktif dalam menyelesaikan masalah kemasyarakat yang timbul, sehingga secara umum kondisi Kamtibmas di Skanto, saat jauh lebih baik disbanding sebelum adanya FKPM. (Arif /  lintaspapua.com)