JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring, S.IP., pimpin upacara penutupan Pendidikan Pertama Tamtama TNI-AD Gelombang I TA 2019 di lapangan Pancasila Rindam XVII/ Cenderawasih, Sabtu, (07/09/2019).

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring, S.IP., pimpin upacara penutupan Pendidikan Pertama Tamtama TNI-AD Gelombang I TA 2019 di lapangan Pancasila Rindam XVII/ Cenderawasih, Sabtu, (07/09/2019). (ISTIMEWA)

Sebanyak 441 orang prajurit Tamtama lulusan Dikmata Gelombang I TA 2019 telah dilantik oleh Pangdam XVII/Cenderawasih. “Atas nama Negara saya melantik 441 orang prajurit Tamtama dan saya mengucapkan selamat atas keberhasilan dalam menempuh pendidikan,” ujar Pangdam diawal amanatnya.

Sementara itu, Pangdam mengatakan bahwa pendidikan yang baru saja dilalui bertujuan untuk membentuk calon Tamtama agar memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit sapta marga, sumpah prajurit, mempunyai pengetahuan, dan keterampilan dasar militer serta jasmani yang samapta.

“Oleh karena itu, saya mengharapkan agar bekal yang telah diperoleh selama pendidikan dipelihara dan ditingkatkan pada setiap kesempatan, karena Bangsa dan Negara menaruh harapan kepada kalian semua untuk mempertahankan kedaulatan NKRI,” terang Pangdam.

“Selain itu, tak kalah penting adalah pemahaman hukum dan HAM karena dengan pemahaman yang baik dan benar maka kalian akan berada di koridor perilaku yang disiplin serta terhindar dari pengaruh negatif yang dapat merusak citra TNI,” tambahnya.

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring, S.IP., pimpin upacara penutupan Pendidikan Pertama Tamtama TNI-AD Gelombang I TA 2019 di lapangan Pancasila Rindam XVII/ Cenderawasih, Sabtu, (07/09/2019). (ISTIMEWA)

Pangdam juga menegaskan kepada para mantan prajurit siswa agar dapat menyesuaikan diri dengan peraturan-peraturan maupun ketentuan pola hidup sebagai prajurit. “Sebagai Prajurit Remaja, kalian dituntut untuk bersikap dan berperilaku lebih dewasa dari remaja lainnya seusia kalian,” tegas Pangdam.

Turut hadir Danrem 172/PWY, Irdam XVII/Cenderawasih, Danrindam XVII/Cenderawasih, para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih, para Staf Ahli Pangdam, Pa LO AU dan AL, Wakil Bupati Jayapura, para Kabalakdam XVII/Cenderawasih, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana beserta pengurus serta para orang tua dan keluarga Prajurit Tamtama TNI AD yang baru lulus Dikmata Gelombang I TA 2019.

Usai Upacara Penutupan Pendidikan, dilanjutkan dengan acara Demonstrasi dari mantan prajurit siswa diantaranya Bela Diri Militer Yong Modo, Sparko dan teknik bongkar pasang Senjata. (Otentikasi : Kapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Cpl Eko Daryanto, SE., M.Si)