Gubernur Lukas Enembe Janji Bangun Kembali Rumah Warga Yang Dibakar

0
404
Gubernur Papua,  Lukas Enembe, saat memberikan keterangan. (Erwin / LPC)

JAYAPURA  (LINTAS PAPAUA)  – Gubernur Papua Lukas Enembe berjanji bakal membangun kembali rumah maupun tempat usaha warga Kota Jayapura, yang dibakar atau dirusak massa pendemo, beberapa waktu lalu.

“Yang pasti warga korban demo (atau rumah maupun tempat usahanya dibakar) tidak ada yang dilupakan”.

“Nanti kita akan sepakat bahas sama-sama dengan warga terkait, apakah dibangun kembali atau diberi uang. Kita (pastikan) bantu (korban) yang mengalami musibah,” terang Lukas di Jayapura, Rabu.

Menurutnya, seluruh rumah maupun tempat usaha warga yang rusak, harus selesai dibangun sebelum pelaksanaan PON XX 2020 digelar. Oleh karenanya, dia meminta tak ada lagi kekhawatiran dari warga korban demo rusuh.

Tampak suasana aksi massa saat berada di jalan raya. (Foto Jack Okoka)

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono, dalam kunjungannya di Jayapura memastikan negara siap memberi bantuan stimulan kepada warga yang rumah atau tempat usahanya, dibakar pendemo.

“Saya sudah melihat kerusakan dari warga, apakah ruko, rumah atau tempat jualan yang dirusak. Baik di Entrop dan depan Pelabuhan Jayapura, saya sudah lihat semuanya bahkan sudah telpon dengan Sekertaris Kabinet, yang mana hal ini telah dilaporkan kepada Presiden. Kemudian sudah disetujui bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk diberikan bantuan stimulan”.

“Soal nilai bantuan nanti diputuskan dalam sidang kabinet di Jakarta. Yang pasti akan diputuskan besarannya dengan disesuaikan pada tingkat kemahalan di Papua,” pungkasnya.(win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here