Piter Gusbager Dilantik Sebagai Ketua PMI Kabupaten Keerom

0
505
Suasana pelantikan Pengurus PMI Kabupaten Keerom, yang dihadiri Pembina PMI Provinsi Papua, yang juga Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM. (Arif /LPC)

KEEROM (LINTAS PAPUA)  – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Papua, Ny. Yolanda, Tinal, SE, melantik Piter Gusbager, S.Hut, MUP, sebagai Ketua PMI Kabupaten Keerom, untuk periode 2019–2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Pramuka, pada Rabu (4/8/2019) kemarin.

Suasana pelantikan Pengurus PMI Kabupaten Keerom, yang dihadiri Pembina PMI Provinsi Papua, yang juga Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM. (Arif /LPC)

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM, yang juga sebagai Pembina PMI Provinsi Papua, juga turut meyaksikan secara langsung kegiatan pelantikan Pengurus PMI Kabupaten Keerom tersebut. Turut dilantik pada kesempatan tersebut 14 anggota PMI Kabupaten Keerom.

Selain itu juga hadir Ketua DPRD Keerom, H. Syahabuddin, SP, MH, Asisten I Setda, Sucahyo Agung Dwi Aryanto, S.IP, M.Si (Asisten I Setda Kabupaten Keerom), juga ada Kapten Inf Simon Fredi Pasaribu (Wadan Satgas Yonif 713/Satya Tama), Lettu Inf Al Rasid (Wadanramil 1701-04/Arso), KH. Mahfud Muhdor (Ketua MUI Kab. Keerom), Pendeta Frans Mambrasar, Sth (Ketua Klasis Kab. Keerom).

Adapun rangkaian kegiatan pelantikan didahului pembacaan SK, pengesahan dan penandatanganan, pemasangan Pin dan pemberian ucapan selamat kepada pengurus PMI Kab Keerom masa bakti 2019-2024.

Pengurus yang dilantik yaitu 1) Piter Gusbager, S.HUT. MUP (Wakil Bupati Kab Keerom) selaku Ketua PMI Kab Keerom. 2) H. Rahmat A Haladi (Wakil Ketua pembangunan organisasi, SDM). 3) dr. Bernadeta Eka Soeci M (Wakil Ketua penanggulangan bencana), 4) dr. Damai Marpaung ( Wakil Ketua Bid Yankesos UKTD). 5) Lena Beru, SE, M.Sc ( Wakil Ketua pengembangan relawan dan PMR). 6) Sigit Widodo, AMG (Sekretaris). 7) Natalia Tafor, S. Kom (Bendahara) bersama beberapa orang anggota yaitu Ana Maria Borotian, Michael Sineri, S.IP, Albert Kurni, SKM dan Raymon May.

Ketua PMI Keerom yang baru dilantik, Piter Gusbager, SHUT, MUP, usai pelantikan, mengemukakan apresiasi dan terimakasih atas dukungan PMI Provinsi Papua dan Pemerintah Provinsi Papua atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

‘’Saya menyampaikan apresiasi kepada PMI provinsi Papua yang sudah melantik pengurus PMI Kab Keerom, dan pemerintah Kab keerom yang sudah mendukung jalannya acara ini. Kami juga mengucapkanterima yang sebesar besarnya atas kehadiran Bapak Klemen Tinal, S.E., M.M. adalah (Wakil Gubernur Papua) sekaligus sebagai pembimbing PMI Provinsi Papua,’’ungkapnya.

Ia juga berpesan pada pengurus yang baru dilantik untuk memegang sumpah dan bekerja dengan sepenuh hati. ‘’Sebab lembaga ini adalah lembaga kemanusiaan saya harap dalam pelaksanaan tugas Jangan memandang aspek lain seperti suku ras, agama atau yang lainnya. PMI Kab Keerom harus selalu berkoordinasi sab bekerja sama dengan rumah sakit Kwainggga Arso contohnya stok darah harus memenuhi kebutuhan darah di Kab Keerom kalau perlu kita mampu mengirimkan darah ke kabupaten lain,’’pesannya.

Sementara Ketua PMI Provinsi Papua, Yolanda Tinal, SE menyampaikan selamat atas pelantikan pengurus PMI Kab Keerom yang baru.

‘’Saya berharap pengurus PMI Kab Keerom bekerja dengan cepat mengoptimalkan tugas-tugas PMI di Kab Keerom. Diharapkan PMI Kab keerom lebih giat lagi dalam berbagai kegiatan seperti pengelolaan Darah, kegiatan sosial dan misi misi kemanusiaan lainnya segera menempatkan diri, tanggung jawab PMI sangat berat sebab hampir seluruh wilayah Indonesia berpotensi bencana seperti banjir ,gempa, kebakaran maupun konflik sosial. Jadikan gerakan donor darah diwilayah sebagai gaya hidup sebab kesiapan darah kita saat ini masih sangat kurang, teruslah beeslogan “setetes darah demi kemanusiaan” selalu disampaikan di masyarakat,’’pesannya.

Sedangkan Wakil Gubernur Provinsi Papua, Klemen Tinal, SE, MM, selaku pembimbing PMI mengemukakan bangga bisa hadir di Keerom. ‘’Saya perlu sampiakan bahwa PMI itu sangat penting apalagi selama ini kita melihat kiprah PMI dalam kegiatan kemanusiaan baik di dalam negeri maupun luar negeri, kami pemerintah Provinsi Papua siap membantu dalam rangka mendukung tugas tugas PMI,’’ujarnya.

Ia menambahkan, ‘’Sedikit saya sampaikan untuk rencana pembangunan Prov Papua terletak di Wajah Papua yaitu Kota Jayapura, Kab Jayapura, Kab Keerom dan Kab Sarmi sehingga saya himbau masyarakat Kab Keerom harus semangat dan harus membenahi dari baik sari sisi  pendidikan, Kesehatan, air bersih, penerangan maupun yang lainnya. Hasil rapat Nasional terakhir di Jakarta untuk pelaksanaan PON 2020 hanya tiga tempat yaitu Jayapura, Timika dan Keerom,’’lanjutnya.

Ia juga menyebut bahwa situasi akhir-akhir ini Papua dan Papua Barat ada sedikit terganggu. ‘’Saya harap pemerintah dan para stekholder yang ada selalu aktif merangkul dan berkomunikasi dengan masyarakat, kita tidak boleh mengkotak kotakan masyarakat, silahkan saja membentuk kerukunan atau apapun itu akan tetapi lebih penting kita menjaga keutuhan NKRI sehingga Indonesia lebih kuat,’’pesannya.

Kegiatan ditutup dengan menyanyikan lagu Himne PMI dilanjutkan menyanyikan laku Tanah Papua dan melakukan foto bareng. (Arif / lintaspaua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here