Kementerian PUPR RI Basuki Hadimuljono (kiri) tampak berbincang dengan Wakil walikota Jayapura Ir. H Rustan Saru. (Gracio / lintaspapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia Basuki Hadimuljonomeminta kepada Pemerintah Kota Jayapura segera mendata semua harta benda yang terbakar, termasuk perumahan, kios, toko, tempat usaha lainnya yang terbakar.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Wali Kota Jayapura Ir. H. Rustan Saru MM., saat bersama Menteri PUPR RI meninjau langsung beberapa lokasi terdampak di kota Jayapura, Selasa, (3/9/2019).

“Pak menteri minta segera dilakukan pendataan sesuai fakta dan dilaporkan dengan benar,  setelah itu data yang masuk akan dilakukan rapat rekonsiliasi bersama Presiden dan menteri terkait, dalam melakukan  rehabilitasi bangunan maupun  perumahan dan lainnya,” jelasnya.

Untuk itu, wakil wali kota juga meminta bagi petugas, yang mendata di lapangan bisa berkerja secara cepat, tepat dan akurat, supaya masyarakat tenang bisa tahu, bahwa, dari aksi demo anarkis ini, masih ada kompensasi yang diberikan kepada pemerintah, karena ini ditunggu masyarakat.

“Harapan kita komponsasi dan rehabilitasi bangunan jangan terlalu lama, supaya masyarakat bisa kembali pulih, semangat bekerja karena  sudah ada harapan,”ujarnya.

Rustan mengakui, untuk pendataan khusus kendaraan yang dibakar, dari laporan Dinas Perhubungan Kota Jayapura ada sekira 28 unit mobil yang dibakar baik mobil milik pribadi dan angkutan umum, sedangkan motornya yang dibakar ada sekitar 49 unit motor.

“Nanti untuk kerusakan kita juga akan kategorikan ada yang rusak ringan, sedang dan berat, sehingga dalam pemberian kompensasi bisa lebih adil,”katanya. (Gracio/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here