Datang Atas Perintah Presiden Jokowi, Menteri PUPR Siap Perbaiki Fasilitas Negara Yang Rusak

0
219
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),  Basuki Hadi Muljono, saat diwawancara. (Erwin /LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muljono, Selasa (3/9/2019) pagi, tiba Jayapura, Provinsi Papua, meninjau sejumlah fasilitas negara yang dirusak massa pendemo anarkis, satu pekan lalu.

Datang Atas Perintah Presiden Jokowi, Menteri PUPR Siap Perbaiki Fasilitas Negara Yang Rusak. Menteri Basuki saat meninjau Lapas Kelas II A Abepura, yang juga mengalami kebakaran dalam suasana os. (Kemenkumham Papua)

Dicegat wartawan di VIP Room Bandara Sentani Jayapura, Menteri Basuki memastikan agendanya di di Bumi Cenderawasih merupakan perintah langsung Presiden Joko Widodo.

“Kita segera perbaiki mulai hari ini (Selasa,red). Kita bersihkan dan perbaiki kantor-kantor yang rusak,” terang ia.

Sementara menyoal rumah maupun tempat usaha warga yang dirusak masa demo anarkis, ia pastikan bakal ditangani Kepala BNPB yang juga sudah tiba di Jayapura.

 

“Untuk perumahan yang rusak nanti dari BNPB akan diberikan bantuan sebagai stimulan. Seluruh dananya bersumber dari APBN,” katanya.

Sementara disinggung apakah ada pemberian kompensasi bagi korban demo rusuh di Jayapura, Menteri menjawab akan dilihat (dan dikaji).

Sebelumnya, ribuan masa di Jayapura menggelar demo menyikapi dugaan tindakan rasial terhadap mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur.

Sayangnya, aksi demo berujung pembakaran ruko, perkantoran dan gedung pemerintah. Selain itu, massa juga membakar kendaraan roda dua dan roda empat.

Pemerintah Provinsi Papua menyesalkan aksi unjuk rasa berujung aksi anarkis, hingga menyebabkan sejumlah rumah maupun tempat usaha warga serta kendaraan roda dua dan empat, dibakar pendemo.

Belum diketahui jumlah korban materil dan jiwa akibat aksi anarkis itu. Pemerintah Provinsi Papua menyatakan siap meringankan beban para korban yang rumah maupun tempat usahanya, dirusak. (win)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here