Kakanwil Tinjau Bengkel Kerja yang Dibakar Narapidana Lapas Kelas II A Abepura

0
371

ABEPURA (LINTAS PAPUA)  – Setelah bertemu Kepala Rupbasan bersama jajaran, Kakanwil, Iwan Santoso, di dampingi Kadiv Pemasyarakatan Sri Yuwono, Kadiv Administrasi Johan Manurung, Kadiv YankumHAM Kurniaman Telaumbania bersama rombongan bertolak ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Abepura.

Kunjungan ini dilakukan pasca rusuh Narapidana pada Lapas Abepura yang dimanfaatkan 3 orang Narapidana dan 1 orang Tahanan berhasil kabur dari balik jeruji besi pada Senin, 29 Agustus 2019.

Kepala Kantor, Iwan Santoso ketika bertemu Kepala Lapas Kelas II A Abepura, Korneles Ruboirusi di ruang kerja Kalapas mendengarkan langsung penjelasan dan kronologis kejadian pembakaran Bengkel Kerja dan pelarian 4 orang Narapidana.

Korneles Rumboirusi menjelaskan, sudah melakukan tatap muka dan memberikan arahan kepada Narapidana sebelumnya, narapidana dan tahanan bersepakat untuk menjaga keamanan di Lapas.

Namun tak berapa lama, narapidana terprovokasi dengan narapidana lain melakukan aksi protes berujung pembakaran bengkel kerja. Upaya kesigapan pemadam kebakaran dibantu petugas Lapas dan aparat kepolisian sehingga si jago merah berhasil dipadamkan. Sekira kejadian pembakaran tersebut terjadi pada Pukul 14.00 WIT.

Kakanwil, Iwan Santoso pada saat melakukan peninjauan membawa serta tim konsultan, dan memerintahkan segera membuat gambar untuk diusulkan kembali pembangunan bengkel kerja yang lebih modern di Lapas Kelas II A Abepura.

“Saya perintahkan agar segera digambar dan dibuat sebagus mungkin untuk dapat diusulkan kepada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan di Jakarta,” ungkap Iwan Santoso.

Kakanwil, Iwan Santoso berharap agar Kalapas terus membangun komunikasi dan koordinasi dengan instansi lain, seperti aparat keamanan agar, kejadian di Lapas Sorong Provinsi Papua Barat tidak terjadi di Papua. (Humas Kemenkumham PAPUA /  www.papua.kemenkumham.go.id )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here