Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Wabup Johannes Rettob Siap Dilantik 6 September 2019

0
567

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Provinsi Papua memastikan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Mimika terpilih, Eltinus Omaleng dan Johannes Rettob, bakal dilaksanakan pada Jumat (6/9/2019) mendatang. Pelantikan rencananya digelar di Kota Timika, Kabupaten Mimika, oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Hery Dosinaen,  kepada wartawan di Jayapura, Senin (2/9/2019). (Erwin/LPC)

“Pelantikan (Bupati Mimika) digelar pada 6 September 2019. Sebab pada 7 September atau keesokan harinya, gubernur akan melakukan pertemuan dengan seluruh komponen masyarakat yang di bumi cenderawasih, menyikapi kerusuhan di Kota Jayapura,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Hery Dosinaen,  kepada wartawan di Jayapura, Senin (2/9/2019).

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menetapkan pasangan bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng dan Johannes Rettop (periode 2018-2023). Penetapan usai KPU Papua mengambil alih tugas dan wewenang KPU Mimika yang demisioner.

Pleno penetapan berlangsung di Hotel Grand Abe, Kota Jayapura, pada 19 September 2018 lalu.

Dalam pemilihan pasangan bupati terpilih Eltinus Omaleng-Johannes Rettob (Om Top) diusung sembilan partai politik (parpol), yakni Partai Golkar, PDI Perjuangan, Demokrat, Nasdem, Hanura, PKB, PAN, PBB dan PKPI. Selain itu tiga parpol non parlemen yang tidak mempunyai kursi di DPRD Mimika yakni, PKS, PPP dan Perindo.

Pasangan bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Mimika memperoleh suara sah 60513 atau 33,11 persen dari total suara sah. (win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here