Gubernur Lukas Enembe  Imbau Penyampaian Pendapat Hindari Cara-Cara Anarkis

0
314
Gubernur Papua,  Lukas Enembe, saat memberikan keterangan. (Erwin / LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Gubernur Papua,  Lukas Enembe mengimbau masyarakat di bumi Cenderawasih yang ingin menyampaikan pendapat dimuka umum,  agar menghindari cara-cara anarkis hingga berpotensi merusak kedamaian diatas tanah ini.

Ia pun berharap, seluruh masyarakat yang berunjuk supaya melakukan koordinasi dengan pihak keamanan, guna menghindari adanya pihak-pihak lain yang memanfaatkan situasi hingga menyebabkan gangguan keamanan.

Demikian imbauan Gubernur Lukas dalam salah satu poin sebagaimana pernyataan tertulis yang diterima pers, menyikapi situasi terakhir di wilayah bumi cenderawasih, khususnya di Kota Jayapura, Minggu (1/9/2019).

Masih dalam pernyataan sikapnya, Lukas Lukas mengimbau seluruh masyarakat Papua dapat menjaga ketertiban selama menyampaikan pendapat. Serta tidak melakukan pengrusakan fasilitas umum, kantor-kantor pemerintah dan bangunan-bangunan milik masyarakat.

“Sementara segala bentuk tindakan di luar kewajaran dan membahayakan bagi masyarakat umum, oleh yang menyampaikan pendapat, agar ditindak tegas sesuai dengan ketentuan hukum dan perundang-undangan berlaku,” tegasnya.

Gubernur juga meminta,  pemerintah segera menyelesaikan kasus hukum berkaitan dengan pernyataan berbau rasis yang diucapkan oleh oknum masyarakat maupun aparat saat berada di asrama mahasiswa Papua, di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Pihak keamanan (TNI/Polri) juga diminta,  menangani penyampaian pendapat oleh masyarakat Papua, baik di Papua maupun di wilayah lain di Indonesia, agar mengedepankan penanganan yang persuasif.

“Sebisa mungkin menghindari penanganan secara kekerasan serta tidak melakukan penangkapan terhadap masyarakat Papua yang melakukan aksi penyampaian pendapat,” pungkasnya. (win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here