JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Melalui peringatan HUT ke-74 RI tahun 2019, Wali kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., mengajak masyarakat kota Jayapura untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Inonesia ( NKRI), lewat sikap saling menghargai menghormati toleransi beragama di Kota Jayapura agar tetap satu dan utuh.

Wali kota juga berpesan, agar masyarakat terus membangun kota Jayapura melalui kerja keras, nyata dan tulus guna mewujudkan tema Dirgahayu RI yakni Sumber Manusia (SDM) unggul Indonesia Maju.

“Thema di tahun ini SDM unggul Indonesia maju, kita terus membangun kota Jayapura sebagai Ibu kota Provinsi Papua dan kita harus menjaga kota Jayapura sebagai wajahnya Papua bagi Indonesia yang di barengi oleh Peningkatakan di semua bidang,” ujarnya.

Juga, Pada momen HUT RI di tahun ini Pemerintah kota terus akan melakukan pelayanan publik guna memberikan pelayanan kepada masyarakat di kota yaitu pelayanan yang cepat, tepat, efisien, efektif dan transparan.

Dikatakan, kota Jayapura juga unggul di dalam partisipasi masyarakat, ikut terlibat dalam pembangunan dan di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, infrastruktur dan tata kelola pemerintahan.

“Dalam pelayanan publik yang cepat, tepat sehingga kota Jayapura menjadi pilot project untuk melakukan optimalisasi PHD kota dan kabupaten,” tandasnya.

Ketua  Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Port Numbay, George Arnold Awi . (Gracio /LPC)

Sementra itu, Ketua  Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Port Numbay, George Arnold Awi  menyatakan Pada HUT ke 74 RI, hal yang paling mendasar adalah peningkatan SDM yang unggul, mulai dari peningkatan mutu pendidikan di kota Jayapura.

“Karena tidak ada alternatif lain untuk mau melahirkan SDM yang unggul selain sekolah, juga membentuk karakter generasi anak Indonesia yang berbudaya, bermoral dan berakhlak, agar kepintaran mereka tidak salah gunakan,” jelas ketua LMA Port Numbay

Untuk Indonesia maju lanjut kata George, maknanya untuk Papua SDM unggul sudah sejauh mana? untuk bidang lain juga harus seimbang artinya lintas sektoral harus benar-benar di perhatikan agar thema SDM unggul Indonesia Maju itu benar-benar ada di Papua, khususnya di kota Jayapura.

“Oleh karena itu dari pihak agama juga harus di libatkan dalam membentuk karakter, akhlak dari generasi muda indonesia di Papua, agar SDM Papua benar-benar unggul, dan juga perlu dukungan dari pemerintah daerah,” ungkapnya.

Ketua Komis A DPRD Kota Jayapura, Mukri Hamadi, SH., saat diwawancara. (Gracio /LPC)

Ketua Komis A DPRD Kota Jayapura, Mukri Hamadi, SH., mengatakan sesuai tema nasional yang digaungkan pada Dirgahayu RI tahun ini juga termakna dalam semangat dalam semangat yang ada secara lokal di kota jayapura.

Ditambahkan, semangat proklamasi sebagai anak bangsa melihat hal inibsebagai sarana pemersatu komponen seluruh rakyat di kota Jayapura dalam rangka proses pembangunan di kota ini.

“Saya pikir ini sangat luar biasa, dan seluruh masyarakat kotapun merayakan HUT RI dengan penuh antusias dilihat dari warga yang melakukan aktifitas menyambut hari proklamasi dan memasang umbul-umbul,” ujarnya. (Gracio/lintaspapua.com)