JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –   BPJS Kesehatan Cabang Jayapura ikut kembali berpartisipasi dalam kegiatan Pameran pembangunan yang diselenggarakan Pemerintah Kota Jayapura dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 Tahun, Kamis (15/08/2019)

.

Dengan mengangkat tema sesuai tema kemerdekaan yakni “SDM Unggul Indonesia Maju”, pameran yang berlangsung di Gor Waringin Kotaraja ini sudah mulai dari tanggal 13 Agustus 2019 dengan diikuti oleh berbagai instansi pemerintah dan swasta.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM.   ditemani Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Djamal Adriansyah. Selanjutnya usai pembukaan langsung mengunjungi satu persatu Stand Pameran bersama Wakil walikota Jayapura, Kapolres Kota Jayapura, Dandim serta jajarannya pada Selasa (13/8/2019).

“Tujuan dari pameran ini diadakan,  guna memeriahkan menyambut HUT kemerdekaan negara republik Indonesia, selain itu dapat menunjukkan kepada masyarakat agar mengetahui pembangunan di negeri ini dan dapat mempromosikan hasil pembangunan di Kota Jayapura,” ujar Wali Kota Jayapura.

 

Dikayakan,  bahwa  di  momen memperingati HUT RI ke 74 tahun seperti ini tentunya masyarakat akan ramai datang kesini.

“Oleh karena itu kami harapkan kepada BPJS Kesehatan salah satu pelayanan publik untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk aktif dan mensosialisasikan program JKN-KIS kepada Masyarakat khususnya di kota jayapura,” kata Benhur saat kunjungan ke Stand.

Sementara itu, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Freda Y. Imbiri turun langsung memberikan informasi kepada setiap peserta yang mengunjungi Stand BPJS Kesehatan dengan antusias dari pengunjung yang begitu ramai.

Freda Imbiri mengatakan,  bahwa kehadiran stand BPJS Kesehatan dalam acara tersebut diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat dan memberikan kemudahan bagi mereka dalam urusan pendaftaran, informasi seputar Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), berhubung dengan adanya dinas kependudukan juga mempermudah bagi peserta untuk melakukan pendaftaran dan pengurusan Kartu Keluarga bagi yang belum memiliki NIK.

 

“BPJS Kesehatan tetap mendukung penuh kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah khususnya Kota Jayapura yang merupakan wilayah kerja Cabang Jayapura. Melalui kegiatan ini BPJS Kesehatan berkesempatan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang berkunjung ke pameran ini,” katanya.

 

Stand BPJS Kesehatan Cabang Jayapura juga memberikan informasi seluas-luasnya kepada peserta ataupun calon peserta JKN-KIS yang tidak sempat berkunjung ke Kantor Cabang. Berdasarkan pengamatan di lapangan, banyak peserta yang datang untuk menanyakan informasi terkait penambahan anggota keluarga bagi PNS, perubahan data, perubahan lokasi fasilitas kesehatan maupun pendaftaran peserta baru.

 

Berbagai pertanyaan langsung mendapat penjelasan dari Petugas, diantaranya terkait prosedur pelayanan kesehatan bagi peserta dengan faskes terdaftar dari luar daerah, prosedur pelayanan kesehatan di saat status kepesertaan tidak aktif serta alur pelayanan denda. Tak jarang petugas juga turut membantu pengunjung pameran untuk mendownload aplikasi Mobile JKN, melakukan pendaftaran hingga menjelaskan cara pemanfaatan setiap fitur yang tersedia pada aplikasi tersebut

 

Selain memberikan informasi, para Duta BPJS Kesehatan juga mengenalkan aplikasi Mobile JKN. Pengenalan aplikasi ini, semakin banyak pengunjung yang juga merupaka peserta JKN-KIS tertarik dengan aplikasi tersebut, selain mudah untuk di akses dan tidak perlu lagi untuk ngantri ke Kantor BPJS Kesehatan juga bisa menampilkan KIS Digital tanpa harus membawa kartu Fisik yang asli untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di Faskes. (Frasisca / Humas BPJS Kesehatan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here