PMI Papua Gelar Layanan Kesehatan Bagi  Warga Berdampak Korban Banjir Bandang di Sentani

0
298

SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Kejadian bencana banjir bandang dan longsor serta meluapnya air Danau Sentani yang terjadi pada 16 Maret 2019 telah berlalu kurang lebih hampir lima bulan yang lalu.

Pada masa Tanggap Darurat Bencana, PMI Provinsi Papua terlibat aktif dalam membantu kegiatan kemanusiaan di daerah-daerah yang terdampak bencana banjir bandang, longsor dan luapan air danau di Kabupaten Jayapura dengan mengirimkan relawan-relawan PMI Provinsi Papua yang memiliki kompetensi. Selain itu, PMI Provinsi Papua juga membuat beberapa MCK dan juga mendistribusikan air bersih kepada warga korban bencana selama satu bulan.

Pada masa pemulihan ini, PMI Provinsi Papua rutin memberikan pelayanan kesehatan secara mobile (keliling) kepada masyarakat di Kabupaten Jayapura, khususnya di daerah-daerah yang terdampak dari bencana tersebut.

Ketua PMI Provinsi Papua, Ny. Yolanda Tinal, S.E., melalui Ketua Harian PMI Provinsi Papua, Zakius Degei juga menyampaikan, pelayanan kesehatan keliling yang dilakukan pihaknya ini bertujuan untuk memantau kesehatan masyarakat di Kabupaten Jayapura pasca bencana di bulan Maret 2019 lalu.

“Kita melakukan kegiatan pelayanan kesehatan keliling ini merupakan salah satu bagian dari tindak-lanjut bencana banjir bandang yang sudah terjadi pada bulan Maret lalu. Jadi, di masa Tanggap Darurat Bencana itu, kami sudah lakukan sesuai dengan SK Bupati Jayapura,” kata Zakius Degei ketika dikonfirmasi wartawan disela-sela pelayanan kesehatan keliling, yang bertempat di Balai Kampung Kwadeware, Kampung Kwadeware, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Kamis (15/8/2019) kemarin sore.

“Kemudian yang kedua adalah bagian dari masa pemulihan itu, kami ada lakukan beberapa kegiatan termasuk salah satunya pengobatan massal, terus ada juga pelayanan kesehatan keliling yang akan kami lakukan beberapa kali dan hari ini (kemarin) baru pertama kali kita lakukan di Kampung Kwadeware. Sedangkan untuk pengobatan massal itu kami lakukan sekitar empat hingga lima kali. Selain itu, juga kami membuat stiker, spanduk dan baliho terkait penyakit Polio. Jadi, kegiatan ini bagian dari tindak-lanjut yang tidak terlepas dari bencana yang terjadi kemarin,” ujarnya menambahkan.

Dirinya juga mengungkapkan, bahwa kegiatan pelayanan kesehatan keliling ini merupakan salahsatu program kerja dari PMI Provinsi Papua demi mendukung Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura yang sedang dalam masa pemulihan dari bencana banjir bandang, longsor dan meluapnya air Danau Sentani.

“Kegiatan ini juga kami lakukan untuk mendukung Pemda Kabupaten Jayapura yang saat ini sedang dalam proses pemulihan dari bencana yang terjadi kemarin,” imbuhnya.

Selain pelayanan kesehatan keliling, Zakius Degei menambahkan, ada juga kegiatan pengobatan massal yang sudah dilakukan pihaknya, kemudian ada pembuatan MCK dan penditribusian air bersih kepada warga korban banjir di seluruh daerah-daerah yang terdampak bencana di Kabupaten Jayapura.

“Untuk pengobatan massal sudah beberapa kali kita lakukan. Dan, direncakan akan kita lakukan lagi. Sementara untuk pelayanan kesehatan keliling itu, kita akan lakukan 4 hingga 5 kali dan ini yang pertama kali kita lakukan di Kampung Kwadeware” ungkapnya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here