Pemkab Jayapura Meriahkan Hari Kemerdekaan dengan Karnaval Merah Putih

0
282
Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro ketika memberikan sambutan usai menerima atau menyambut ratusan peserta pawai Merah Putih saat mencapai titik Finish di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (14/8/2019) sore yang sebelumnya dilepas oleh Sekda Kabupaten Jayapura, Dra. Hanna S. Hikoyabi, S.Pd, M.KP, di Kawasan Wisata Pantai Khalkote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. (Irfan)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Guna memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura menggelar pawai Merah Putih, Rabu (14/8/2019) kemarin sore.

Pawai Merah Putih ini mengambil tema, “SDM Unggul, Indonesia Maju”. Sedangkan sub tema, “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Pacu Pembangunan untuk Mewujudkan Kabupaten Jayapura Menuju Go Adipura dan Sukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020”.

Pawai tersebut diikuti dan dimeriahkan dari instansi pemerintah, swasta, perwakilan TNI-Polri, Basarnas, organisasi kemasyarakatan dan pemuda, organisasi paguyuban, tokoh adat, tokoh agama, organisasi kepemudaan, pelajar hingga masyarakat umum.

Pawai yang mengambil start di Kawasan Wisata Pantai Khalkote, Distrik Sentani Timur ini di lepas langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Dra. Hanna S. Hikoyabi, S.Pd., M.K.P., dan finish di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (14/8/2019) kemarin sore.

Ratusan peserta pawai setibanya di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura ini di terima langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro.

Wabup Jayapura Giri Wijayantoro dalam sambutannya menyampaikan, ucapan terima kasih kepada seluruh peserta pawai dalam ikut memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun ini, dan dirinya mewakili pemerintah daerah hanya bisa ucapkan terimakasih, serta berharap melalui pawai ini bisa menularkan semangat kemerdekaan khususnya kepada masyarakat Kabupaten Jayapura, dan umumnnya Papua.

Diakhir sambutannya, Giri berpesan diera sekarang hendaknya jangan melupakan salam Nasionalis sebagai salam persatuan milik Bangsa Indonesia yang sempat dilupakan yakni, salam “Merdeka”.

“Kita punya salam satu, salam ini salam nasionalis, salam kita bersama saya petikan dan saudara sekalian juga harus ikut ucapkan “Merdeka…… Merdeka,” dengan teriakan suara lantang Giri, sontak dibalas seluruh peserta pawai Merah Putih, “Merdeka” juga dengan suara lantang diakhiri tepukan tangan meriah dari seluruh peserta pawai.

Pada pawai tersebut diwarnai karnaval mobil hias dan motor modifikasi menampilkan beragam kreatifitas dalam menghias kendaraan roda dua maupun roda empat, dengan menggunakan alat peraga dan pakain adat yang menjadi simbol ragam budaya. Di akhir acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah doorprize kepada para peserta pawai Merah Putih. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here