Industri Kecil Lokal Didorong Buat Souvenir dan Maskot PON XX 2020

0
639
Salah satu maskot PON XX 2020 Burung Cenderawasih. (Erwin)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Logo dan maskot Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 telah resmi diluncurkan beberapa waktu lalu. Maskot PON 2020 menggunakan 2 jenis hewan yang merupakan endemik khas Papua, yakni Kangguru pohon mantel emas dan Burung Cenderawasih.

Dengan diluncurkannya maskot tersebut, Biro Humas dan Protokol Setda Papua mendorong industri kecil dan menengah lokal di seluruh bumi cenderawasih, memanfaatkan momentum itu dengan membuat souvenir guna dijual kepada masyarakat.

“Peluncuran PON ini merupakan peluang bisnis yang saya rasa baik untuk dimanfaatkan industri kecil dan menengah Papua dengan membuat souvenir. Sebab jangan sampai justru industri dari luar Papua yang membuat lebih dulu lalu menjualnya disini,” terang Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Papua Tommy Israil Ilolu, di Jayapura, Rabu (14/8).

Menurut dia, selain dapat meningkatkan ekonomi industri kecil dan menengah lokal di Papua, pembuatan souvenir juga untuk mensosialisasikan pelaksanaan PON di Bumi Cenderawasih.

“Sebab dengan menjual souvenir dimana-mana, maka secara tak langsung industri kecil ini ikut menggemakan pelaksanaan PON. Dan ini yang menjadi keinginan gubernur agar seluruh masyarakat bisa mensosialisasikan PON, tak hanya lewat publikasi namun melalui penjualan pernak-pernik hingga menggiatkan ekonomi daerah,” harap dia.

Sebelumnya, Logo dan Maskot PON diluncurkan Papua pada awal bulan ini. logo dan maskot PON Papua menggunakan 2 jenis hewan endemik Papua, yaitu Kangguru pohon (Kangpho) dan Burung Cenderawasih digambarkan menggunakan mahkota pada bagian kepala dengan gambar gunung bersalju yang merupakan gambaran Puncak Gunung Jayawijaya.

Kangpho dan Burung Cenderawasih juga terlihat menggunakan rumbai-rumbai yang biasa dibuat dari akar pohon yang diletakkan pada pinggang yang merupakan busana kebesaran untuk kaum laki-laki dan perempuan di Papua.

Terdapat tagline “Torang Bisa” yang bermakna semangat juang bagi para atlet yang akan bertanding di PON 2020.

JAYAPURA – Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua, diminta agar tak menyia-nyiakan kepercayaan dan kesempatan yang diberikan gubernur, guna mempersiapkan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020.

Menurut Asisten Bidang Umum Sekda Papua Elysa Auri, Kepala OPD di lingkungan pemerintah provinsi saat ini, terlibat aktif dan telah ditunjuk sebagai pengurus untuk mempersiapkan iven empat tahunan tersebut, sesuai bidang-bidang pada jabatan yang diemban.

Dengan demikian, Kepala OPD wajib mempersiapkan semua hal agar PON di Papua terlaksana dengan baik dan sukses.

“Sebab untuk diketahui, Papua tak hanya akan menggelar agenda nasional PON. Tetapi ada agenda serupa seperti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) dan Pekan Paralimpik Indonesia (PEPARNAS)”.

“Makanya, menjelang berbagai iven penting ini Kepala OPD dan stafnya wajib bekerja keras mempersiapkan serta tak kalah penting aktif mensosilisasikan agenda nasional empat tahunan ini. Supaya bisa sukses karena merupakan sejarah yang tak mungkin bisa diulang dalam puluhan tahun kedepan,” terang Elysa di Jayapura, Selasa.

Dia berharap Kepala OPD peka dengan teguran Gubernur Papua dalam berbagai kesempatan yang menilai persiapan pelaksanaan PON seperti “jalan ditempat”.

Untuk itu, Kepala OPD wajib menjawab kepercayaan yang diberikan gubernur dengan menunjukan kinerja maksimal dalam mempersiapkan pelaksanaan PON.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe menyoroti kinerja Kepala Organisasi Perangkat Daerah dalam mempersiapkan pelaksanaan PON XX tahun 2020 di Provinsi Papua. Ia melihat tak ada aktivitas signifikan dari OPD dalam mempersiapkan PON.

“Ini saya lihat persiapan PON ‘mati’ atau tidak kelihatan. Saya ingin semua OPD mendukung pelaksanaan PON. Sebab waktu yang tersisa tinggal sedikit,” imbaunya.(win)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here