Sejumlah anak – anak sekolah diajak membaca dalam sosialisasi dan ajakan gemar membaca yang didukung Dinas Perpustakaan dan arsip Daerah, Korem 172/PWY, Bicycle Club 172 dan Cenderawasih Reading Center, di Kampung Hobong, Kabupaten Jayapura. (ISTIMEWA)

SENTANI (LINTAS PAPUA)  –  Sejumlah anak – anak sekolah diajak membaca dalam sosialisasi dan ajakan gemar membaca yang didukung Dinas Perpustakaan dan arsip Daerah, Korem 172/PWY, Bicycle Club 172 dan Cenderawasih Reading Center, di Kampung Hobong, Kabupaten Jayapura.

Sejumlah anak – anak sekolah diajak membaca dalam sosialisasi dan ajakan gemar membaca yang didukung Dinas Perpustakaan dan arsip Daerah, Korem 172/PWY, Bicycle Club 172 dan Cenderawasih Reading Center, di Kampung Hobong, Kabupaten Jayapura. (ISTIMEWA)

 

“Saya sebagai Duta Baca Provinsi Papua diajak untuk berkolaborasi dengan Bicycle Club 172 untuk ikut serta dalam Gowes Merah Putih. ­­Bicycle Club 172 melaksanakan Bakti Sosial,” ujar Duta Baca Papua, Michael Jhon Yarisetouw, dalam releasenya kepada lintaspapua.com, Senin, 12 Agustus 2019.

 

Diakui, acara ini terjadi secara spontan dengan persiapan hanya satu hari.

 

Dikatakan, bahwa pembagian Sembako Bagi Keluarga dan Saya sebagai Duta baca melakukan Sosialisasi Kepada Orang Tua dan Anak dan juga membagikan buku tulis dan alat tulis bagi siswa yang hadir. Kegiatan ini juga didukung oleh Dinas Perpustakaan dan arsip Daerah, Korem 172/PWY, Bicycle Club 172 dan Cenderawasih Reading Center.

 

“Secara pribadi saya sangat senang, karena untuk pertama kali mencoba gowes, beberapa waktu terakhir sudah banyak kegiatan gowes yang dilakukan oleh TNI/Polri, namun gowes kali ini sangat menarik,” akuinya.

 

Ditambahkan, bahwa hal ini,  karena bukan hanya sekedar gowes tetapi dilengkapi dengan kegiatan bakti sosial dan sosialisasi dalam bulan kemerdekaan, jadi kami menamakan kegiatan ini “Gowes Merah Putih” dengan tema “Sehat dan Cerdas Bersama Untuk Indonesia Merdeka”.

 

Bakti sosial pemberian sembako dan bendera merah putih kepada warga kampung Hobong Distrik Sentani Tengah bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan yang selama ini sudah dirasakan, dan pemberian bendera merah putih yang langsung dikibarkan oleh warga kampung Hobong merupakan wujud rasa cinta tanah air Indonesia yang semakin kuat.

 

Sesuai dengan tema peringatan hari kemerdekaan tahun ini “SDM Unggul Indonesia Maju” maka sosialisasi kegemaran membaca juga dilakukan oleh Michael Jhon Yarisetouw sebagai Duta Baca Prov. Papua dan juga Ketua Cenderawasih Reading Center.

 

“Hal  ini Guna meningkatkan kualitas SDM generasi muda Papua disela-sela kegiatan bakti sosial tersebut. Dengan menanamkan kegemaran membaca sejak dini, yang diikuti dengan penuh antusias oleh anak- anak sekolah di kampung Hobong dan diselingi pembagian tas, buku dan alat tulis,” ungkapnya.

 

Disampaikan, bahwa dirinya percaya dengan penanaman minat baca bagi generasi muda di Papua sangat penting dan perlu mendapatkan perhatian khusus oleh pemerintah.

“Dikarenakan kemampuan literasi akan berbanding lurus dengan kesejahteraan masyarakat. Saya juga memberikan motivasi bagi adik-adik bahwa meraka bisa mencapai cita-cita apapun yang mereka impikan, asalkan mereka mau belajar dan dengar-dengaran sama orang tua serta displin. Orang tua pun harus mendukung dan mendorong anak untuk rajin belajar agar mereka bisa memiliki masa depan yang cemerlang,” jelasnya.

 

Sementara itu,  Danrem 172/PWY Kolonel Inf J. Binsar Parluhutan Sianipar disela-sela kesibukannya menyampaikan,  bahwa kegiatan gowes merah putih ini merupakan kegiatan yang positif, selain badan kita menjadi sehat juga dapat bermanfaat bagi masyarakat, dalam rangka pembangunan generasi muda Papua dan kecintaannya terhadap bangsa dan negara, ungkapnya.

 

Sementara itu, Yefta Sokoy salah satu warga Kampung Hobong mengucapkan banyak terimakasih kepada Tim Gowes 172 atas pemberian sembako dan bendera merah putih yang langsung dikibarkan sendiri oleh beliau, dan hal ini tidak akan dapat dilupakannya. “Saya juga dilahirkan pada tanggal 17 Agustus jadi seluruh Indonesia merayakan hari ulang tahun saya,” tutur Bapa Sokoy dalam candaannya.  (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here