JAKARTA (LINTAS PAPUA)  – Susan dan saya menyampaikan salam hangat kepada umat Muslim di seluruh dunia yang merayakan Idul Adha – mulai dari teman dan sekutu hingga kolega Muslim kami di Departemen Luar Negeri AS.

Presiden Joko Widodo tampak didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat menunaikan salat Iduladha di Lapangan Astrid, Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, pada Minggu, 11 Agustus 2019. (Foto: BPMI Setpres)

Idul Adha menandai berakhirnya ibadah haji, di mana jutaan Muslim dari seluruh dunia melakukan ziarah ke Mekkah dan merenungkan pengorbanan dan kesetiaan Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT. Sebuah perayaan untuk berbagi bingkisan, beramal, dan persahabatan.

Ibadah haji juga merupakan pengingat akan komitmen bersama kami untuk menjunjung tinggi hak semua individu untuk secara bebas menjalankan ibadah keagamaan. Untuk jutaan jamaah haji yang akan kembali ke rumah, termasuk ribuan Muslim Amerika, saya berharap Anda menikmati perjalanan yang aman. Selamat berhari raya. (*)