JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Kompetisi Liga Piala Kemenpora U-16 seri Provinsi Papua resmi bergulir dan diikuti 10 tim memperebutkan juara menuju putaran seri di nasional yang akan berlangsung di Banten 1-6 September 2019.

Liga Piala Menpora U-16 di buka secara langsung oleh Asisten I Setda Provinsi Papua Doren Wakerwa yang berlangsung di Stadion Mandala Sabtu, (10/08/2019) kemarin. (GM)

Liga Piala Menpora U-16 di buka secara langsung oleh Asisten I Setda Provinsi Papua Doren Wakerwa yang berlangsung di Stadion Mandala Sabtu, (10/08/2019) kemarin.

“Inilah yang disebut Papua Bangkit Mandiri dan Sejahtera harus ada kebangkitan generasi mudah di tanah Papua. Harus menunjukan identitas dan integritas bahwa di merasa memiliki untuk bisa punya masa depan di bidang sepakbola,” kata Doren kepada wartawan usai membuka Kompetisi Liga berjenjang Piala Kemenpora dan Piala Gubernur Papua U-16 di Stadion Mandala, Sabtu (10/08/2019) kemarin.

Oleh sebab itu yang bertanding dari 10 Kabupaten ini adalah pertama kali U-16 dilakukan di Stadion Mandala Provinsi Papua. Pemerintah pusat memberikan kepercayaan kepada pemerintah provinsi papua lewat koordinator provinsi bahwa kegiatan pertandingan ini merupakan yang pertama kita lakukan.

“Kami pemerintah provinsi papua memberikan apresiasi dan memyampaikan terima kasih korprov diharapkan kedepan perlu ditingkatkan lagi masa depan generasi muda kita harus pupuk mulai dari sekarang ini. Ada jenjang U-12, U-14 dan U-16 yang harus kita bina,” jelasnya.

Kalau U-16 ini sangat luar biasa maka dia juga bisa direkrut masuk dalam tim Persipura. Kita harus melihat bagaimana anak itu bisa berperan dalam mengontrol bola, memberikan pasing dan penguasaan bola dengan baik.

“Saya harap semua ini bisa di lakukan secara baik oleh Koordinator Provinsi Papua dan Panitia Kompetisi berjenjang U-16 sama-sama dengan semua tim pelatih dam official bagaimana meningkatkan generasi Papua supaya mereka bisa bermain dengan sangat luar biasa kita sudah sejajar dengan provinsi lain di Indonesia,” terangnya.

Sementara itu Ketua Panitia Ayub Woisiri mengatakan, kami sangat berterimakasih kepada Pemerintah Provinsi Papua yang telah membantu kami untuk mensukseskan acara pembukaan Liga berjenjang U-16 seri Papua.

“Ini untuk memperbutkan Piala Kemenpora sekaligus Piala Gubernur U-16 Provinsi Papua,” ujarnya.

Kami juga memberikan apresiasi kepada koordinator seri provinsi bung Nico Dimo yang sudah menunjuk kami sebagai panitia untuk membuat pertandingan Liga berjenjang seri Papua.

“Apa yang kami buat adalah kepada masing-masing klub yang akan tampil dan apa yang sudah disampaikan oleh pemerintah provinsi papua adalah masukan bagi kami bahawa kompetisi U-16 akan di lakukan secara kontinyu artinya setiap tahun harus dilakukan sehingga kita akan mendapatkan generasi emas sepakbola atau mutiara hitam yang akan tampil mewakili Papua dikanca nasional maupun intermasional,” ungkapnya.

10 tim yang tampil di kompetisi seri Papua dan akan mendapatkan satu juara untuk mewakili Papua ke seri nasional di Provinsi Banten yang akan berlangsung dari tanggal 1-6 Sepetmeber 2019. (GM)