BOVEN DIGOEL (LINTAS PAPUA)  –  Napak  tilas untuk mengenang  Sang Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agutus 1945, Mohammad Hatta atau yang sering disapa dengan sebutan Bung Hatta.

Dimana Persatuan Keluarga Putra Putri Perintis Kemerdekaan Indonesia  (PKP3KI) yang terdiri dari anak cucu Perintis Kemerdekaan Keluarga Pahlawan, Pencinta sejarah, Dosen dan Peneliti bakal mengunjungi Papua, dengan tema pejalanan Napak Tilas Perintis Kemedekaan ke Boven Digoel, pada  26 Oktober- 31 Oktober 2019 mendatang.

“Melalui kegiatan Napak Tilas Bung Hatta di Boven Digoel para rombongan akan mempelajari kehidupan para Perintis Kemerdekaan yang pernah diasingkan ke Boven Digoel, antara lain Bung Hatta dan Sutan Syahrir. Rombongan juga akan bekesempatan untuk mendokumentasikan situs sejarah dan pertemuan tatap muka dengan warga masyarakat Papua yang merupakan ketururunan atau kerabat dari tokoh-tokoh setempat yang mengenal para Perintis tersebut,” kata salah satu keluarga Bung Hatta, Gemala Hatta, saat  menghubungi LintasPapua. Com, Sabtu 10 Agustus 2019, melalui via seluller.

Gemala menyebutkan adapun maksud dan tujuan acara Napak Tilas itu adalah, Pertama memperkaya pengetahuan rombongan dan mengemasnya sebagai dokumen perjalanan. Kedua, dengan pengalaman Napak Tilas itu, rombongan mempunyai wawasan lebih luas dalam menjelaskan kejadian di tempat pengasingan, sehingga dapat memberikan umpan balik pengetahuan kepada pemuda Indonesia masa kini (generasi milenial).

Kunjungan ke Boven Digoel tempat pengasingan Bung Hatta sebut Gemala Hatta, kehadiran keluarga perintis kemerdekaan ke Boven Digoel untuk memperkaya materi dokumen yang pernah mereka peroleh tentang orang tua mereka yang diasingkan ke Boven Digoel. Dan keseluruhan hasil kunjunganke Boven Digoel dapat menanmbah data sejarah mengenai dari proses memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Ujar Gemala Hatta.(Richard Mayor)