Untuk menjamin kesehatan dan kelayakan hewan kurban, Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) melakukan sosialisasi kesejahteraan hewan kurban dan sekaligus penyerahan alat sembelih hewan kurban kepada masyarakat, yang berlangsung di Aula Lantai I, Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (8/8/2019) kemarin. (Irfan)

SENTANI (LINTAS PAPUA) –   Untuk menjamin kesehatan dan kelayakan hewan kurban, Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) melakukan sosialisasi kesejahteraan hewan kurban dan sekaligus penyerahan alat sembelih hewan kurban kepada masyarakat, yang berlangsung di Aula Lantai I, Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (8/8/2019) kemarin.

Sosialisasi tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro, didampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura, Ir. H. Sambodo Samiyana, M.Si.

Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro, saat wawancara. (Irfan)

Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro menyampaikan, pengawasan petugas instansi terkait dalam hal ini Dinas Perkebunan dan Peternakan terhadap penyembelihan hewan kurban sangat penting untuk dilakukan guna menjamin keamanan dan kelayakan daging yang dihasilkan dari pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha dan ini merupakan salah satu tugas penting dari bidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner.

Lebih lanjut Giri menyampaikan, acara ini sangat strategis sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat untuk mendapatkan daging kurban yang aman, sehat, utuh dan halal. Serta sebagai sarana evaluasi, koordinasi dan juga penyusunan perencanaan ke depan, baik jangka pendek maupun jangka panjang untuk penataan dan perbaikan pelaksanaan pemotongan hewan kurban.

“Diharapkan saat penyembelihan tidak ada yang gagal sembelih hewan kurban. Jangan seperti tempat lain giliran mau dipotong hewannya lari lepas, kita ingatkan untuk hati-hati termasuk masalah kebersihan, biasanya karena situasi darurat kalau tidak hati-hati malah bercampur dengan pasir dan lain-lain,” paparnya ketika dikonfirmasi wartawan usai membuka kegiatan Sosialisasi Kesejahteraan Hewan Kurban, Kamis (8/8/2019) kemarin.

Selain itu, Giri menyampaikan, bahwa Pemda Kabupaten Jayapura akan menempatkan petugas pada setiap saat penyembelihan, ini dimaksud agar panitia saat proses penyembelihan dan pengemasan hewan kurban tidak asal-asalan dengan tidak memperhatikan jaminan dan kelayakan daging, termasuk memperhatikan jenis kelamin hewan.

“Yang lalu-lalu memang kita ada di tempat pemotongan hewan kurban. Jadi betul-betul sampai clear dan selesai kita awasi trus jangan sampai ada hewan betina yang dipotong, kan ini bisa menjadi masalah. Semoga ini menjadi satu kebaikan niatnya baik dan mereka bisa kerja dengan baik,” tandasnya.

Senada dengan Wakil Bupati, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Jayapura, Ir. H. Sambodo Samiyana, M.Si., menyampaikan, bahwa pihaknya dalam pengawasan hewan kurban tetap mengutamakan kesehatan dan kesejahteraan hewan, termasuk etika memperlakukan hewan kurban dalam memberikan makan minum juga harus diberikan kasih sayang agar hewan dimaksud tidak stress.

“Dan, itu juga untuk keamanan komsumsi, termasuk kita awasi apakah hewan yang nanti disembelih mengandung cacing. Nanti ada tim yang turun ke setiap masjid atau tempat penyembelihan hewan kurban, untuk lakukan pengawasan dan pemeriksaan dari sebelum dan sesudah penyembelihan. Karena harus disembelih dulu untuk mengetahui ada cacing atau tidak di dalam dagingnya,” tukas pria yang pernah menjabat Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura.

Hadir pada kegiatan tersebut, perwakilan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Papua, narasumber dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Papua Dr. Faisal Saleh, para pejabat Eselon III, IV serta staf Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura dan peserta sosialisasi kesejahteraan hewan kurban dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha tahun ini. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here