Inilah Kiat Suksesnya Imunisasi Polio di Koya Barat

0
180
Keberhasilan Imunisasi Polio di Kota Jayapura bisa mencapai Target yaitu 95%,Namun keberhasilan ini bukannya tanpa kendala, ada banyak usaha dan kiat di lakukan oleh Puskesmas Muara Tami dan Unicef agar pencapaian 95%, bahkan saat ini kedua belah pihak sedang mendongkrak angka Imunisasi Polio mencapai 100%.. (Fransisca / lintaspapua,,com)

MUARA TAMI (LINTASPAPUA) –  Keberhasilan Imunisasi Polio di Kota Jayapura bisa mencapai Target yaitu 95%,Namun keberhasilan ini bukannya tanpa kendala, ada banyak usaha dan kiat di lakukan oleh Puskesmas Muara Tami dan Unicef agar pencapaian 95%, bahkan saat ini kedua belah pihak sedang mendongkrak angka Imunisasi Polio mencapai 100%.

Ketua Kader Kader Posyandu Kepondang, Sri Sulyanti. (Fransisca / lintaspapua.com)

Ketua Kader Kader Posyandu Kepondang, Sri Sulyanti mengatakan, bahwa  dari satu wilayah Kepondang ada beberapa orang menolak untuk mengikuti Imunisasi dengan alasan pribadi.

“Dari satu wilayah Kami, ada satu orang ibu menolak Imunisasi Polio ini, Kemudian kami memberikan pengertian pentingnya kesehatan anak bagi masa depan anak itu sendiri, akhirnya mau Imunisasikan anaknya,” katanya.

Bidan Koordinator Wilayah Koya Barat, Theresia. (Fransisca / lintaspapua.com)

Sementara itu, Bidan Koordinator Wilayah Koya Barat, Theresia menjelaskan, ada kendala pemahaman Vaksin tidak halal di wilayah Muara Tami.

“Imunisasi dua periode, capaian melebihi target karena penambahan penduduk, Imunisasi ada Pro kontra karena ada isu Vaksin tidak halal, kami menyampaikan Vaksin kami dari Departement kesehatan, kami tunjukan dari plafon Imunisasi Halal, juga memberikan informasi melalui inform di bagikan di sekolah, orang tuanya baca, tandatangan jika anaknya di Imunisasi, bila orang tuanya tidak setuju kami sampaikan penjelasan di puskesmas oleh petugas,” jelasnya.

Theresia juga menyampaikan penyuluhan pentingnya Imunisasi Polio dengan Puskesmas Keliling, penyuluhan di Pondok Pesantren, Sekolah, dan Visiting ke Rumah penduduk, hal inilah membuat suksesnya imunisasi di wilayah Koya Barat.

Imunisation Officer Unicef Indonesia, dr.Husni salah satu pendorong Program dinas kesehatan, mengakui tidak akan berhasil tanpa kerjasama dengan semua pihak seperti pemerintah, Forkompinda, Bayangkari.

“Unicef selaku pendukung Program pemerintah hadir di beberapa event untuk memicu, kita menyebarkan bahwa kampanye Imunisasi Polio ini masih berjalan, harapannya di publikasikan ke wilayah lain, kegiatan Imunisasi Polio merupakan tangung jawab semua pihak, kita ingin memperlihatkan semua bisa terlibat,” pungkasnya.(Fransisca/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here