BIAK (LINTAS PAPUA) – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas III Biak berhasil mengamankan puluhan botol minuman keras (miras) ilegal jenis Mansion dan anggur merah yang dibawa salah satu penumpang KM Sabuk Nusantara 63 saat melakukan kegiatan embarkasi di pelabuhan Biak, Jumat (02/08/2019) malam.

Plh Kepala Kantor KSOP Kelas III Biak, Rudi, S.Sos, M.Ap mengatakan, Pengungkapan ini berawal dari kecurigaan petugas terhadap karton yang di bawa oleh salah satu penumpang yang akan berangkat dari Biak menuju ke Manokwari.

“Petugas kami yang bertugas untuk embarkasi menemukan dan mencurigai ada 3 karton yang dibawa oleh seorang penumpang. setelah dibawa dan diperiksa maka ditemukan puluhan botol miras jenis Mansion dan anggur merah,” ungkap Rudi.

Dari hasil pemeriksaan petugas di lapangan juga diketahui bahwa miras yang dibawa oleh salah satu Penumpang Wanita berinisial MR (37) akan dikirim ke Manokwari. Bahkan diketahui, Penumpang berinisial MR tersebut sudah sering melakukan penyelundupan miras untuk di kirim ke luar Biak.

penumpang berinisial MR serta barang bukti kemudian diamankan oleh petugas dan akan diserahkan kepada pihak kepolisian dalam hal ini Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan Laut untuk dilakukan proses penyelidikan lebih lanjut.

“ barang bukti Selanjutnya akan kami serahkan ke kepolisian. Selama ini kami berkoordinasi dengan pihak kepolisian serta ijin kapal untuk embarkasi penumpang, kami kerjasama tidak jalan sendiri – sendiri.” Jelas Rudi

Rudi pun menghimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan kapal laut agar tidak membawa minuman keras dan barang bawaan yang dilarang, yang dapat membahayakan diri sendiri dan juga orang banyak.  (Vio)