Atasi Banjir, Pemkot Jayapura dan PU Papua Siap Bangun Drainase dan Saluran Baru

0
156
Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, saat meninjau lokasi Organda. (Garcio / lintaspapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Dalam upaya mengantisipasi genangan air maupun banjir yang sering melanda Perumahan Organda, Distrik Abepura pada musim penghujan, Pemerintah Kota Jayapura bersama PU Provinsi Papua akan melakukan pembangunan drainase dan peninggian tebing talud.

Hal ini dikemukakan wakil wali kota Jayapura Ir. H. Rustan Saru MM.,saat meninjau langsung ke lokasi bersama PU Provinsi Papua, Konsultan, Kelurahan serta masyarakat Organda, Rabu, (7/8/2019).

Rustan menjelaskan, rencana pembangunan drainase dan peninggian tebing talud saluran air ini untuk mengalirkan air dari komplek Organda maupun dari Perumnas tiga dan empat ke kali Acai. “Disamping itu juga dilakukan pembuatan saluran baru sampai untuk membantu proses percepatan debit air yang mengalir ke sana ( kali Acai ),” ungkapnya.

Dikatakan, dari PU Provinsi juga telah menyarankan untuk mengadakan pompa air agar membantu, percepatan mengeringkan tempat genangan air (kolam) agar bisa terselesaikan dengan baik.

Dengan begitu harapan Pemerintah kota Jayapuraa, dengan bantuan dana provinsi tahun ini khusus untuk masalah banjir di Organda minimal bisa membantu mengurangi musibah banjir yang sering terjadi di Daerah ini.

Dari desain yang telah dibuat oleh Balai Wilayah Sungai dan PU Provinsi kata Rustan, sudah ada pembagian tugas untuk diselesaikan dari masing-masing pihak.

“Balai Jalan menangani drainase dari Korem sampai Padang Bulan ke lingkaran Abe, kemudian berikutnya untuk Pemerintah Kota Jayapura sendiri menangani dari belakang Hotel 77 sampai samping bank Papua ke Saga Mall Abepura,”jelasnya.

Dengan begitu Ia pun berharap dengan terkoneksinya saluran ini mudah-mudahan dapat mengurangi banjir yang terjadi di organda pada saat saat musim penghujan.

“Untuk itu Pemerintah kota meminta kepada masyarakat, agar bekerja sama demi kenyamanan semua, agar bekerja dalam rangka membangun kota, khusus daerah yang dilewati oleh saluran air sehingga tidak menimbulkan hambatan dalam melakukan pekerjaan Semoga lancar dan terkendali,” tandasnya.  (Gracio/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here