DPR Papua  Sosialiasi 10 Perdasi Perdasus di Lima Wilayah Adat

0
219
Anggota DPR Papua, Emus Gwijangge, saat wawancara. (Gracio / lintaspapua.com)

JAYAPURA (LINTASPAPUA) – Guna mendapat saran dan masukan terhadap materi rancangan peraturan daerah pemerintah provinsi Papua (Perdasi) dan peraturan daerah khusus (Perdasus), Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPR Papua, lakukan sosialisasi10 perdasi/perdasus ke lima wilayah adat, pada tanggal 6 Agustus 2019.

“Bapemperda sosialisasi 10 Perdasi/Perdasus ke lima wilayah adat selama satu minggu, yakni Tabi, Animha, Lapago, Meepago, Saireri, yang di pusatkan di Timika, Merauke, Biak, Wamena dan Jayapura,” kata Wakil Ketua Bapemperda, Emus Gwijangge, di ruang kerjanya, Senin, 5 Agustus 2019.

Menurutnya bapemperda dalam melakukan sosialisasi ini karena dalam waktu dekat setelah hari kemerdekaan akan melakukan agenda LKPJ, APBD perubahan dan non-APBD.

“Kami harap masukan dan saran dari masyarakat kepada kami agar aspirasi masyarakat dapat diakomodir dalam perda-perda itu,” ujar Emus.

Ia berharap pemerintah daerah di lima wilayah adat tersebut, bisa memfasilitasi dan mendukung sosialisasi perdasi/perdasus kepada masyarakat.Dalam 10 materi perda yang penting misalnya KKR dan penyelesaian pelanggaran HAM di Papua.
“Oleh karena itu masyarakat dan LSM atau pihak lain memberikan masukan dan saran untuk pembobotan materi raperda agar benar-benar menjadi perda bersama dan berkualitas.Bukan hanya perda berdasarkan pikiran DPRP, akademisi juga mengakomodir pikiran masyarakat,” ucapnya.

Selanjutnya kepada anggota DPRP yang melakukan sosialisasi ke setiap wilayah adat melaksanakan tugasnya dengan baik dan masukan-masukan di lapangan dibawa pulang dan dimasukkan dalam draf raperda sebelum disahkan.

“Namun kami belum tahu apakah nanti 10 raperda ini bisa disahkan semua dalam sidang non-APBD atau tidak. Namun bbrpaa perda yang penting selain KKR dan penyelesaian pelanggaran HAM ada perubahan nama bandara sentani dan stadion Papua Bangkit,” katanya.  (Gracio/Lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here