Tak Kuasa Mengekang Lidah : Setiap Kata Akan Dipertanggungjawabkan di Penghakiman

0
2449

Bacaan : Matius 12:33-37

“Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.” (Matius 12:36)

Di akhir zaman ini Iblis juga sedang gencar melancarkan serangannya terhadap gereja Tuhan yaitu dengan cara mengambil kontrol atas lidah jemaat melalui gosip, fitnah, dusta, tipu muslihat dan segala macam perkataan jahat lainnya, supaya jemaat Tuhan saling berselisih, bertengkar, bermusuhan, mengkritik, sehingga terjadi perpecahan.

Iblis tahu benar bahwa bila tidak ada kesatuan di antara jemaat, gereja pasti akan menjadi lemah. “Setiap kerajaan yang terpecah-pecah pasti binasa dan setiap kota atau rumah tangga yang terpecah-pecah tidak dapat bertahan.” (Matius 12:25).

Karena itu Rasul Paulus mendesak jemaat di Efesus: “Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan.” (Efesus 4:31).

Banyak orang Kristen tidak disiplin, lalai dan menganggap sepele pentingnya menjaga lidah atau ucapan. Mereka mudah sekali menggemakan perkataan-perkataan negatif alias tak kuasa mengekang lidahnya.

Hal itu menandakan bahwa mereka sama sekali tidak berusaha mengontrol atau menundukkan lidah mereka di bawah pimpinan Roh Kudus. Tidaklah mengherankan, meski tampak rajin beribadah, atau mungkin sudah terlibat aktif dalam pelayanan, pada saat yang sama mereka masih saja suka menggosip, memfitnah, mengumpat atau berkata-kata kasar tanpa merasa bersalah sedikit pun.

Mereka tidak menyadari bahwa ucapan-ucapan tersebut bisa mendatangkan kutuk atas diri sendiri.

“Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum.” (Matius 12:37). Rasul Yakobus mengatakan bahwa jika ada orang tidak bisa mengekang lidahnya, ia menipu dirinya sendiri dan ibadah yang dilakukannya pun menjadi sia-sia (baca Yakobus 1:26).

Selama kita masih belum mampu mengekang lidah dari perkataan-perkataan yang negatif, kita masih belum mampu menyalibkan keinginan daging!

“Siapakah orang yang menyukai hidup, yang mengingini umur panjang untuk menikmati yang baik? Jagalah lidahmu terhadap yang jahat dan bibirmu terhadap ucapan-ucapan yang menipu;” (Mazmur 34:13-14)

(Dapatkan renungan dan ilustrasi kristen terlengkap serta update setiap hari. Download di sini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kristen.renunganilustrasi )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here