Siapkan Road Map, Bappenda Kabupaten Jayapura Terapkan E – Tax Online

0
205
Kepala Bappenda Kabupaten Jayapura, Theopilus Hendrik Tegai, saat diwawancara. (Irfan)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Sesuai dengan arahan dan supervisi yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Jayapura diberikan deadline untuk menerapakan Tax Online dan Host to Host Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P-2) serta Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) paling lambat akhir bulan Agustus 2019 ini.

Untuk itu, Pemkab Jayapura melalui Bappenda menargetkan bahwa untuk penanganan PBB P2 dan BPHTB pihaknya sudah menyiapkan roadmap atau jadwal penerapan Tax Online dan Host to Host.

Kepala Bappenda Kabupaten Jayapura, Theopilus Hendrik Tegai mengatakan, untuk mengejar taget tersebut, pihaknya saat ini sudah menyusun sebuah road map (peta jalan) atau jadwal untuk penanganan Tax Online dan Host to Host PBB P2 dan BPHTB Kabupaten Jayapura.

“Road mapnya sudah kita susun dengan harapan akhir bulan ini apa yang diperintahkan oleh KPK itu sudah harus kita tuntaskan,” kata Theopilus Hendrik Tegai ketika ditemui wartawan diruang kerjanya, Kamis (1/8/2019) siang.

Untuk Tax Online, Theo demikian sapaan akrabnya menuturkan, Bappenda Kabupaten Jayapura sudah memiliki data, dimana hotel-hotel yang menggunakan Tapping Box dan Tax Online, serta yang akan menggunakan aplikasi online lainnya.

Ia juga mengungkapkan, PT BPD (Bank Papua) juga siap mendukung Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk penerapan Tax Online.

“Sementara untuk Host to Host PBB P2 dan BPHTB ada penandatanganan perjanjian kerja sama nantinya antara Bupati Jayapura dengan Kepala BPN Kabupaten Jayapura,” imbuhnya.

Khusus untuk Tax Online, Theo mengatakan bahwa saat ini Bappenda Kabupaten Jayapura masih fokus pada pajak hotel dan restoran, tempat hiburan dan pajak parkir.

“Sementara kita masih fokus disitu saja, sedangkan untuk jenis pajak lainnya itu akan menyusul. Termasuk retribusi daerah,” tandasnya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here